Soloraya
Jumat, 2 Oktober 2015 - 14:00 WIB

ASET DAERAH : Lelang Tanah Kas Desa Gawanan Raup Rp19,3 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung uang. (JIBI/Solopos/Dok.)

Aset daerah ini terkait lelang tanah kas desa di Gawanan, Colomadu, Karanganyar.

Solopos.com, KARANGANYAR – Lelang sewa tanah kas Desa Gawanan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, seluas 54.230 meter persegi menghasilkan dana Rp19,3 juta. Proses lelang sewa tanah kas desa digelar di Balai Desa Gawanan, Rabu (30/9/2015).

Advertisement

Sekretaris Desa Gawanan, Haryadi, mengungkapkan dibandingkan tahun lalu, hasil lelang sewa tanah kas desa tahun ini meningkat Rp600.000. Tahun lalu lelang sewa tanah kas desa mendapatkan Rp18.700.000.

Hasil lelang itu nantinya akan menjadi pendapatan asli desa (PAD). “PAD ini akan dimasukan dalam APB [anggaran pendapatan dan belanja] desa tahun 2016. Jadi sampai sekarang belum tahu anggaran itu untuk membiayai apa saja,” jelasnya di Balai Desa Gawanan, Jumat (2/10/2015).

Haryadi mengakui hasil lelang sewa tanah kas Desa Gawanan berbeda dengan hasil lelang sewa tanah kas desa lainnya. Dari tahun ke tahun hasil lelang sewa tanah kas Desa Gawanan selalu lebih rendah dibanding hasil lelang sewa tanah kas desa lainnya di Kecamatan Colomadu.

Advertisement

“Itu karena jenis tanah Desa Gawanan berbeda dengan tanah kas desa lainnya. Tanah kas Desa Gawanan umumnya jenis tanah kering yang hanya cocok untuk palawija,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Aset Daerah Desa Gawanan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif