News
Kamis, 1 Oktober 2015 - 01:10 WIB

KESEJAHTERAAN GURU : Tahun Depan Tunjangan Guru Dinaikkan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru mengajar (JIBISolopos/Dok.)

Kesejahteraan guru akan bertambah dengan kenaikan tunjangan.

Solopos.com, JAKARTA – Tahun depan, tunjangan untuk guru direncanakan naik dari tahun sebelumnya. Tahun ini pemerintah menganggarkan Rp77 triliun yang ditujukan untuk tunjangan guru.

Advertisement

“Anggaraan tunjangan tersebut akan naik menjadi Rp80 triliun, dengan Rp7 triliun di antaranya untuk guru-guru non PNS. Dari jumlah itu, Rp73,6 triliun rupiah ditransfer daerah ke kabupaten dan kota seluruh Indonesia,” ungkap Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Sumarna Supranata, di Kemendikbud, Rabu (30/9/2015).

Sebagaimana diberitakan Okezone.com, Pranata menyebut kenaikan tunjangan itu disebabkan pelbagai hal. Di antaranya karena meningkatnya jumlah guru yang memiliki sertifikat pendidik.

“Tahun ini akan ada 166 ribu guru yang menjalani proses sertifikasi. Nah, uang tunjangannya sudah dianggarkan sekitar Rp3 triliun meski guru tersebut belum lulus pada program sertifikasi,” imbuh Pranata.

Advertisement

Selain itu, kenaikan tunjangan juga disebabkan adanya kenaikan gaji pokok sekira lima atau tujuh persen. Faktor lainnya, kenaikan pangkat dan golongan para guru.

“Dana tunjangan guru untuk periode ini akan disalurkan pada 9-16 Oktober 2015. Dan akan diterima mereka yang berhak,” tuturnya.

Sebelumnya, Sumarna juga menanggapi isu yang berkembang menyebutkan tunjangan Profesi Guru (TPG) yang akan dihapus. “Enggak ada yang bilang menghapuskan. Buktinya, tunjangan profesi guru tahun depan sudah dianggarkan,” ujar Pranata, seperti dilansir Kemdikbud.go.id.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif