News
Kamis, 1 Oktober 2015 - 12:40 WIB

HARI KESAKTIAN PANCASILA : Jokowi Undang 3 Prajurit Pengangkat Jenazah Pahlawan Revolusi

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo berjalan menuju Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Agung Rajasa)

Hari Kesaktian Pancasila, tiga prajurit pengangkat jenazah pahlawan revolusi diundang presiden ke Istana Kepresidenan.

Solopos.com, JAKARYA–Presiden Joko Widodo mengundang tiga prajurit yang mengangkat jenazah tujuh pahlawan revolusi untuk datang ke Istana Kepresidenan untuk mendapatkan apresiasi dari pemerintah.

Advertisement

“Nanti lagi kita atur, tadi presiden mengundang tiga prajurit yang mengangkat jenazah para pahlawan revolusi untuk bertemu beliau di Istana. Saya kira satu apresiasi Presiden karena tinggal tiga yang hidup dari semua yang terlibat dalam pengangkatan pahlawan revolusi,” kata Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015).

Luhut diminta langsung Presiden untuk merealisasikan ide tersebut. Oleh karena itu ia juga akan akan mengundang beberapa prajurit Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang masih hidup untuk bertemu Presiden.

Selain memberikan apresiasi, pemerintah sedang menyiapkan upaya rekonsiliasi berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat termasuk kasus-kasus yang melibatkan para anggota PKI.

Advertisement

Luhut menegaskan bentuk rekonsiliasi masih dibicarakan. Tetapi yang jelas rekonsiliasi ini bukan diartikan permintaan maaf dari Pemerintah kepada keluarga anggota PKI.

“Rekonsiliasi kita masih bicara bentuknya gimana tapi tadi sudah dikatakan presiden tidak ada pikiran untuk minta maaf. Kita hanya melihat seperti saya sudah berkali-kali katakan, kita menatap ke depan jangan melihat ke belakang lagi,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif