News
Kamis, 1 Oktober 2015 - 12:45 WIB

HARGA EMAS HARI INI : Harga Emas Comex Turun 1,03%

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - emas batangan (JIBI/Bisnis.com)

Harga emas hari ini untuk acuan Comex terpantau melemah.

Solopos.com, SOLO – Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange turun lagi pada Rabu (Kamis pagi WIB) untuk hari keempat berturut-turut, karena dolar AS dan saham global memperoleh kembali pijakan mereka.

Advertisement

Dilansir Antara mengutip laporan Xinhua, Kamis (1/10/2015), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember kehilangan 11,6 dolar AS, atau 1,03 persen, menjadi menetap di 1.115,2 dolar AS per ounce. Harga emas turun lebih dari satu persen untuk kedua kalinya dalam tiga sesi terakhir, karena dolar AS menunjukkan penguatannya pada Rabu di tengah data ekonomi yang positif.

Sektor swasta AS menambahkan 200.000 pekerjaan pada September, lebih baik dari perkiraan, mengangkat harapan akan ada bulan berikutnya dengan perbaikan moderat dalam laporan ketenagakerjaan AS yang akan datang.

Beberapa analis percaya jika laporan ketenagakerjaan pada Jumat membuktikan sekuat data saat ini, maka kemungkinan kenaikan suku bunga pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Oktober pasti terlihat menguntungkan. Umumnya, kenaikan suku bunga akan mengirimkan dolar AS lebih tinggi.

Advertisement

Analis mencatat emas dan dolar AS biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti melemahnya dolar AS dapat menjadi positif bagi harga komoditas dalam dolar, sementara dolar yang lebih kuat dapat membebani komoditas. Emas juga tertekan oleh pasar ekuitas global yang menguat pada Rabu, yang menekan permintaan untuk logam “safe haven”. Selama September, kontrak emas untuk pengiriman Desember mencatat penurunan lebih dari 1,5 persen, meskipun volatilitas di saham global biasanya akan mengangkat daya tarik logam mulia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif