Sport
Rabu, 30 September 2015 - 01:25 WIB

PRESTASI PETENIS DUNIA : Serena Samai Chris Evert

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petenis wanita nomor satu dunia Serena Williams diapit dua legenda tenis dunia, Martina Navratilova (kiri) dan Christ Evert (kanan). Ist/voanews.com

Prestasi petenis dunia asal Amerika Serikat Serena Williams kini bisa disejajarkan dengan legenda tenis dunia, Chris Evert.

Solopos.com, NEW YORK—Serena Williams mencetak rekor baru setelah bertahan selama 260 pekan sebagai petenis nomor satu dunia. Pencapaian itu membikin petenis asal Amerika Serikat itu menyamai prestasi legenda tenis dunia, Chris Evert.

Advertisement

Dilansir wtatennis.com, Selasa (29/9/2015), Serena dan Evert sama-sama menempati urutan ketiga daftar petenis putri penyandang gelar ranking pertama terlama di dunia. Serena berada di bawah Martina Navratilova yang berkuasa 332 pekan dan Steffi Graf  yang berjaya 377 pekan.

Petenis yang baru saja merayakan ulang tahun ke-34 ini kali pertama bertengger sebagai petenis nomor satu pada 8 Juli 2002 silam. Berkarier di tenis profesional sejak musim 1995, Serena sudah mengoleksi 69 titel di nomor tunggal termasuk 21 titel grand slam.

Sayang, Serena gagal menyapu bersih gelar grand slam musim ini setelah kandas di semifinal US Open 2015. Kekalahan itu juga membikin adik kandung Venus Williams tersebut belum bisa menyamai torehan titel grand slam Steffi Graf sebanyak 22 kali.

Advertisement

Sementara itu, comeback petenis nomor tiga dunia, Maria Sharapova, di Wuhan Open 2015 tak berjalan mulus. Kembali mengayunkan raket setelah menepi beberapa bulan, petenis asal Rusia ini malah mengalami cedera lagi.

Sebelumnya, Sharapova absen dalam sejumlah turnamen penting karena cedera kaki. Petenis yang akrab disapa Masha ini justru bermasalah dengan cedera tangan saat menghadapi Barbora Strycova di partai pembuka, Senin (28/9/2015).

“Saya merasakan sakit pada lengan kiri dan rasanya semakin tak enak ketika saya melanjutkan pertandingan. Saya pikir tak baik memaksakan diri di lapangan. Saya sudah lama tak bermain mungkin karena itu,” papar Sharapova, Selasa.

Meskipun memilih menarik diri dari turnamen, Masha tak terlalu khawatir akan cedera tersebut. Ia memaparkan tangannya butuh beradaptasi setelah cukup lama tak mengayunkan raket. Setelah ini Masha punya dua agenda besar, yakni WTA Finals 2015 dan Fed Cup 2015.

Advertisement

Petenis terbaik Kanada, Eugenie Bouchard, juga mundur dari Wuhan Open. Sebenarnya ia sudah berada di Wuhan untuk bermain. Hanya gegar otak yang ia alami di US Open 2015 lalu kambuh. Sakit ini pula yang membikin ia menarik diri di tengah penyelenggaraan US Open.

“Saya akan beristirahat di Wuhan selama beberapa hari untuk melihat perkembangannya. Saya akan senang kembali ke kota ini musim depan,” jelas Bouchard, dilansir tennisworldusa.org. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Daftar Petenis Nomor Satu Dunia Terlama

No          Petenis                Jumlah Pekan

Advertisement

1              Steffi Graf                              377

2              Martina Navatrilova        332

3              Chris Evert                            260

3              Serena Williams                260

Advertisement

4              Martina Hingis                  209

5              Monica Sales                       178

6              Justine Henin                      117

7              Lindsday Davenport        98

8              Caroline Wozniacki          67

9              Victoria Azarenka             51

Advertisement

10           Amelie Mauresmo          39

Sumber: wtatennis.com. (rid/JIBI)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif