Otomotif
Rabu, 30 September 2015 - 18:10 WIB

MOBIL SUZUKI : Bulan Depan, Ertiga Boyong Mesin Diesel Hybrid

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suzuki Ertiga model 2015. (Indianautosblog.com)

Mobil Suzuki Ertiga hadir dengan mesin diesel hybrid di India.

Solopos.com, NEW DELHI – Setelah dirilis di Indonesia, mobil Suzuki Ertiga terbaru juga akan meluncur di India. Menariknya, mobil keluarga itu akan hadir dengan pilihan mesin diesel yang dipadukan dengan tenaga listrik (hybrid).

Advertisement

Kendati mobil Suzuki Ertiga diesel hybrid baru diluncurkan `10 Oktober 2015 mendatang, beberapa bocoran sudah beredar di Internet. Salah satu bocoran menyebutkan bahwa teknologi mesin bertenaga campuran itu bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Dikutip Solopos.com dari laman Indianautosblog, Selasa (29/9/2015), teknologi hybrid sederhana yang murni dibuat Suzuki itu memanfaatkan tenaga yang terbuang dari sistem Integrated Starter Generator (ISG) pada mesin diesel.

Tenaga yang terbuang itu diubah menjadi listrik dan ditampung dalam baterai Lithium Ion bersama listrik yang didapat dari gerak kinetik dalam proses pengereman mobil.

Advertisement

Listrik yang tersimpan dalam baterai nantinya akan memberi sumbangan tenaga pada roda depan ketika mobil multi purpose vehicle (MPV) murah itu berakselerasi maupun menanjak. Dengan demikian konsumsi solar menjadi lebih irit.

Dilansir laman Motoroids, teknologi tersebut sebelumnya juga telah disematkan pada sedan Suzuki Ciaz yang juga beredar di Thailand. Sekilas, teknologi ramah lingkungan itu sama seperti yang terdapat pada Mazda 2, Mitsubishi Delica dan Mini Cooper.

Kendati demikian baterai yang tertanam di bawah jok depan itu tidak dapat mengambil alih penuh asupan tenaga seperti teknologi hybrid pada Toyota Prius dan BMW I8. Jadi SHVS tetap harus dibantu mesin bahan bakar minyak (BBM).

Advertisement

Sayangnya hingga saat ini belum diketahui detail kapasitas mesin diesel dan semburan tenaga dan torsi yang dihasilkan. Bisa jadi tenaganya setara dengan mesin bensin seperti yang beredar di Indonesia namun lebih irit.

Selain mesin diesel hybrid, bocoran lain juga menyebutkan mobil Suzuki Ertiga terbaru versi India telah dilengkapi tombol stop/start engine. Pilihan transmisinya pun hadir dalam pilihan otomatis empat percepatan dan manual lima percepatan.

Selebihnya, seluruh fitur dan desain eksterior serta interiornya akan sama persis dengan mobil Suzuki Ertiga yang baru meluncur di Indonesia Agustus  lalu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif