News
Rabu, 30 September 2015 - 18:00 WIB

KASUS NARKOBA : Budi Waseso: Pengguna Narkoba Harus Dipidanakan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengemudi bus menjalani pemeriksaan tekanan darah di Terminal Purboyo Kota Madiun, Selasa (14/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Fikri Yusuf)

Kasus narkoba di Indonesia dalam tahap mengkhawatirkan. Budi Waseso pun kukuh dengan pendapatnya bahwa pengguna narkoba harus dipidanakan.

Solopos.com, JAKARTA — Badan Narkotika Nasional (BNN) memperketat penanganan penyalahgunaan narkoba dengan mengenakan proses pidana kepada seluruh pengguna.

Advertisement

Kepala BNN, Komjen Pol. Budi Waseso, mengatakan proses rehabilitasi baru dapat dilakukan setelah pengguna narkoba mendapatkan vonis dari pengadilan. Hal itu untuk mencegah adanya pengguna narkoba baru di masyarakat.

“Semua harus melalui prosedur hukum karena harus ada pertanggungjawaban hukum dari pengguna. Nanti tergantung keputusan hakim, selain pembinaan itu kan termasuk juga rehabilitasi,” kata Budi Waseso di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Budi Waseso menuturkan BNN juga akan mengevaluasi nota kesepahaman yang menjadi payung hukum untuk langsung merehabilitasi pengguna narkoba. Evaluasi tersebut akan disesuaikan dengan proses penanganan pengguna narkoba yang lebih efektif.

Advertisement

Menurutnya, selama ini nota kesepahaman tentang rehabilitasi terhadap pengguna narkoba digunakan para pengedar zat adiktif tersebut untuk lolos dari proses hukum. Pasalnya, dengan nota kesepahaman tersebut para pengguna dengan kriteria tertentu dapat langsung mendapatkan rehabilitasi tanpa harus melalui proses peradilan.

“Kalau tidak dievaluasi, nanti semua coba-coba untuk menggunakan narkoba. Kalau tidak diproses hukum, nanti akan berlindung di balik pengguna semua,” ujarnya.

Budi Waseso juga mengatakan proses rehabilitasi nantinya akan diserahkan kepada Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial. BNN akan menjadi koordinator untuk menangani permasalahan narkoba di dalam negeri.

Advertisement

Dia menyebutkan Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) nantinya juga akan dijadikan acuan standar untuk pelaksanaan rehabilitasi kepada pengguna narkoba. Dengan begitu, proses rehabilitasi dapat dilakukan dengan efektif di seluruh wilayah Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif