Lifestyle
Selasa, 29 September 2015 - 03:50 WIB

KULINER SOLO : Sambal Belut Mas Jo, dari Daging hingga Duri Bisa Dimakan!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sambal Belut Mas Jo (Dok/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo memuat tempat-tempat kuliner yang menarik untuk Anda kunjungi.

Solopos.com, SOLO — Pondok Dhahar Mas Jo yang beralamat di Dukuh Pondok RT 009/RW 004, Tohudan, Colomadu, Karanganyar, menyajikan menu berbahan baku utama belut setiap hari.

Advertisement

Salah satu menu andalan di Pondok Dhahar Mas Jo adalah sambal belut. Satu porsi sambal belut disajikan lengkap dengan lalapan dan sepiring nasi putih panas. Dalam satu porsi sambal belut, setengah bagian piring berisi belut yang dihancurkan dan bercampur dengan sambal yang ditumbuk agak kasar.

Sinergi Travel and Event Management
Graha Solo Raya Lantai 1
Jl. Slamet Riyadi No. 1 Solo, Jateng
Telp. 0271-5843678 atau 0271-2144388
HP. 085702686068
Fax. 0271 635936
www.solocitytravelguide.com
www.sinergievent.com
e-mail: sinergi_solo@yahoo.com
Marketing: www.solocitytravelguide.com

Ada juga sambal yang terpisah dari belut. Lalapannya irisan mentimun, kacang panjang, daun kemangi, dan kubis. Satu mangkuk air diberi irisan jeruk disediakan sebagai pencuci tangan.

Advertisement

Rasa pedas dan asin sambal belut akan terasa di lidah, saat memakannya. Sambal itu terasa sedikit gurih karena dicampur sedikit minyak goreng ketika membuatnya. Aroma bawang juga sangat terasa. Sambal ini begitu renyah ketika dimakan. Duri belutnya bahkan bisa dimakan karena bercampur dengan daging yang dihancurkan.

“Kami menggunakan belut kecil-kecil untuk sambal belut agar bisa digoreng sampai renyah,” kata Raharjo. Sambalnya adalah sambal bawang. Sambal bawang dibuat dengan mencampur cabai, bawang putih, garam, sedikit penyedap rasa, dan minyak goreng.

Menurut Raharjo, setiap pagi ia menggoreng belut sampai setengah matang dan membuat sambal dalam porsi cukup banyak. Jika ada pengunjung warung yang memesan sambal belut, belut digoreng lagi hingga matang.

Advertisement

Belut yang sudah matang dihancurkan lalu dicampur dengan sambal bawang yang sudah jadi. “Sambal kami siapkan dulu agar ketika ada yang pesan bisa dilayani lebih cepat. Belut juga kami goreng setengah matang dan digoreng lagi ketika ada yang pesan. Pengunjung bisa menikmati belut yang masih hangat,” kata dia.

Sambal belut yang pedas dan hangat itu sangat cocok untuk lauk makan. Untuk menikmati satu porsi sambal belut dan sepiring nasi, pengunjung hanya perlu membayar Rp8.500. Murah kan?

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif