Soloraya
Senin, 28 September 2015 - 00:00 WIB

WISATA WONOGIRI : Gua Slamet Digadang Jadi Objek Wisata Unggulan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gua Slamet di Paranggupito. (JIBI/Solopos/Istimewa)

Wisata Wonogiri, gua baru di Paranggupito akan menjadi objek wisata unggulan Kota Gaplek.

Solopos.com, WONOGIRI–Sebuah gua baru ditemukan di Ketos, Paranggupito. Pemerintah Kecamatan berharap ke depan gua yang dinamakan Gua Slamet tersebut  menjadi salah satu geosite kawasan geopark Gunung Sewu.

Advertisement

Gua Slamet berlokasi di Dusun Ketos, Desa Ketos. Saat ini masyarakat setempat sedang berupaya untuk membersihkan lokasi gua yang baru ditemukan sejak satu bulan terakhir.

“Gua Slamet cukup bagus untuk dijadikan objek wisata. Sekarang sedang dibersihkan warga. Memang belum diketahui berapa kedalaman gua,” kata Camat Paranggupito, Haryanto, kepada Solopos.com, Minggu (27/9/2015). Pihaknya berharap ke depan gua tersebut bisa menjadi lokasi wisata Paranggupito. Serta dapat menjadi bagian dari geosite kawasan geopark yang belum lama ini ditetapkan.

Seperti diketahui di Wonogiri terdapat tujuh geosite di kawasan Gunung Sewu yang telah ditetapkan sebagai Global Geopark oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 19 September lalu. Tujuh geosite tersebut adalah Gua Sodong, Gua Tembus, Gua Mrico, Gua Potro Bunder, Luweng Sapen, Pantai Sembukan dan Lembah Bengawan Solo Purba.

Advertisement

Dari ketujuh geosite tersebut hanya Pantai Sembukan yang lokasinya berada di Kecamatan Paranggupito.

“Kami berharap tidak hanya Pantai Sembukan. Sebab di Paranggupito ada banyak lokasi yang menarik,” kata dia.

Menurut Haryanto, saat ini pihaknya tengah bekerja sama dengan pemerintah desa terkait untuk mengembangkan lokasi wisata baru tersebut.

Advertisement

“Sebab saya ingin, semua desa nantinya memiliki objek wisata, sehingga Paranggupito menjadi kawasan wisata yang menarik,” kata dia. Untuk potensi objek wisata pantai, Paranggupito memiliki Pantau Nampu, Banyutowo, Kalimirah, Nglonjok, dan sebagainya.

Di kecamatan tersebut juga memiliki Gua Kendangan dan Goa Suling.

Sebelumnya, Kepala Bidang Geologi Air Tanah dan Energi Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPESDM) Wonogiri, Patrem Joko Priyono, mengatakan ada kesempatan bagi lokasi-lokasi lain untuk masuk menjadi geosite geopark Gunung Sewu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif