Otomotif
Senin, 28 September 2015 - 08:45 WIB

MOTOGP 2015 : Suzuki GSX-RR Punya Sensor Baru, Ini Gunanya

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suzuki GSX-RR di Motogp 2015. (Jackbiker.com)

Motogp 2015 Suzuki jajal sensor pengukur suhu ban.

Solopos.com, ARAGON –  Jelang Motogp 2015 seri ke-14 di Sirkuit Aragon, Spanyol, tim Suzuki Ecstar memperkenalkan sensor baru yang dipasang pada motor Suzuki GSX-RR. Apa gunanya?

Advertisement

Sensor pengukur suhu pada sepatbor belakang Suzuki GSX-RR. (Twitter.com)

Dikutip Solopos.com dari akun resmi Suzuki Ecstar di Twitter, Sabtu (26/9/2015), sensor itu teridiri dari tiga buah perangkat pemancar inframerah. Sensor baru itu diletakkan dekat sepatbor belakang dan berfungsi sebagai memantau  suhu ban Suzuki GSX-RR.

“#motogptech: three infrared sensors inside the rear fender constandly monitor the tyre temperature #AragonGP. [#mogogptech: tiga sensor inframerah di dalam sepatbor belakang mampu memantau suhu ban secara terus-menerus #AragonGP],” kicau @Suzukiecstar di Twitter, Sabtu (26/9/2015).

Advertisement

Lantas setelah dipantau akan diapakan? Dihimpun Solopos.com dari pelbagai sumber, sensor tersebut memiliki cara kerja yang mirip dengan sensor pada mobil balap yang yang ditunggangi Sebastian Vettel dari tim Redbull di ajang balap Formula 1 (F1).

Selain memantau suhu, sensor tersebut dapat memantau tekanan ban, slip roda, umur ban hingga karakter berkendara pembalapnya. Saat balapan berlangsung, data yang dikirim sensor ke ruang kontrol sangat membantu ketua tim untuk menentukan strategi.

Sebagai informasi, rentetetan latihan bebas (free practice) Motogp 2015 seri Aragon sudah dilakukan pada 25-26 September 2015. Sedangkan balapan akan digelar 27 September 2015 pukul 19.00 WIB.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif