Soloraya
Senin, 28 September 2015 - 12:35 WIB

KEBAKARAN KARANGANYAR : 2 Oven Tembakau Terbakar, Kerugian Miliaran Rupiah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (JIBI/Solopos/Dok)

Kebakaran Karanganyar terjadi di Dukuh Jetak, Bolon, Colomadu mengakibatkan dua bangunan milik pengusaha tembakau ludes terbakar.

Solopos.com, KARANGANYAR-Dua bangunan milik pengusaha tembakau, Tulus Budiono, yang berfungsi sebagai oven atau pengering tembakau di Dukuh Jetak RT 001/RW 12, Desa Bolon, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, ludes terbakar Senin (28/9/2015) sekitar pukul 06.00. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Advertisement

Berdasarkan informasi yang dihimpun Espos di lokasi kejadian, belum diketahui penyebab pasti kebakaran. Dugaan sementara karena ada bambu yang jatuh ke tempat pengasapan, lalu terjadilah kebakaran.

Salah satu warga yang rumahnya dekat dengan lokasi kejadian, Yanto, 43, mengungkapkan oven tembakau itu setiap hari tertutup dan bagian atasnya mengeluarkan asap. Oven dibuka pintunya ketika pekerja memasukkan berambut sebagai bahan bakar pengasapan pada pagi dan sore hari.

Oleh karena itu ketika Senin pagi oven itu nengeluarkan asap, pekerja mengira tidak ada masalah. Namun lama kelamaan asap semakin tebal dan sekitar pukul 06.00 WIB terlihat api besar membumbung tinggi membakar oven itu.

Advertisement

” Mengetahui ada kebakaran, langsung ada warga yang menelepon pemadam kebakaran. Sambil menunggu pemadam kebakaran, warga bergotong royong memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tapi karena posisi tembakau di dalam sudah setengah kering, api cepat sekali merambat dan membakar dua oven itu,” jelasnya.

Sebanyak enam mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian sehingga kebakaran tidak mengenai oven tembakau lainnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif