Teknologi
Minggu, 27 September 2015 - 11:30 WIB

ULANG TAHUN GOOGLE : Google Rayakan HUT ke-17

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gambar Ulang Tahun Google (Google.com)

Ulang tahun Google yang ke-17 diwarnai dengan menampilkan Google Doodle di halaman depan situs tersebut.

Solopos.com, SOLO — Google merayakan hari ini ulang tahunnya yang ke-17, Minggu (27/9/2015). Untuk merayakan hari jadinya, perusahaan yang dibentuk oleh Larry Page dan Sergey Brin tersebut menampilkan Google Doodle di laman utamanya.

Advertisement

Dikutip dari Liputan6.com, Minggu, dalam perayaan ulang tahun Google, mesin pencari populer itu membuat doodle bernuansa meja kerja. Anda akan melihat komputer menyala yang tengah terkoneksi dengan Internet.

Di monitor, muncul logo lama Google, dengan ciri khas tanda serunya. Tak ketinggalan, sejumlah hiasan seperti balon dan topi pesta juga turut ditampilkan.

Advertisement

Di monitor, muncul logo lama Google, dengan ciri khas tanda serunya. Tak ketinggalan, sejumlah hiasan seperti balon dan topi pesta juga turut ditampilkan.

Tahun lalu, pada ulang tahun yang ke-16, Google menyuguhkan doodle animasi yang terdiri dari enam huruf Google dengan karakter masing-masing. Huruf G yang paling depan, memakai topi ulang tahun dan memegang pensil, sementara huruf lainnya berdiri memperhatikannya.

Sebenarnya, hari jadi mesin pencarian raksasa ini cukup membingungkan. Pasalnya, Google secara resmi menjadi korporasi 7 September 1998. Namun yang pasti, Google memiliki banyak hari istimewa di bulan September.

Advertisement

Namun, semuanya berubah sejak 2005. Ketika itu Google mulai menetapkan 27 September sebagai hari ulang tahun. Alasannya adalah karena merayakan rekor jumlah halaman web yang sukses terangkum dalam indeks mesin pencari mereka.

Sejarah Google Doodle

Dikutip dari Google, Minggu, pada tahun 1998, sebelum perusahaan didirikan, konsep Google Doodle atau orat-oret lahir saat pendiri Google, Larry dan Sergey, bermain-main dengan logo perusahaan untuk menandakan kehadiran mereka di festival Burning Man di gurun pasir Nevada.

Advertisement

Mereka meletakkan gambar orang sederhana di belakang huruf o kedua dalam kata Google, dan logo yang direvisi itu dimaksudkan sebagai sebuah pesan komikal bagi para pengguna Google bahwa pendirinya sedang di luar kantor. Meski Google Doodle pertama relatif sederhana, ide menghias logo perusahaan untuk merayakan acara penting telah dimulai sejak saat itu.

Tahun 2000, Larry dan Sergey meminta webmaster Dennis Hwang, karyawan magang pada saat itu, membuat Google Doodle untuk Hari Bastille. Pengguna Google menyambut dengan sangat baik atas ditunjuknya Dennis sebagai pembuat orat-oret utama di Google dan orat-oret mulai semakin sering muncul di beranda Google.

Pada awalnya, sebagian besar Google Doodle merayakan hari besar yang diketahui secara umum. Kini, Google Doodle mengangkat berbagai macam peristiwa dan hari jadi, mulai dari ulang tahun John James Audubon hingga es krim Sundae.

Advertisement

Seiring berjalannya waktu, permintaan untuk orat-oret telah meningkat di Amerika Serikat dan dunia internasional. Saat ini, membuat Google Doodle menjadi tanggung jawab tim ilustrator berbakat dan insinyur. Bagi mereka, membuat Google Doodle telah menjadi upaya kelompok untuk memeriahkan beranda Google dan membawa senyum ke wajah para pengguna Google di seluruh dunia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif