Otomotif
Minggu, 27 September 2015 - 22:45 WIB

RECALL MOBIL : Honda Tarik 12.000 Unit City dan Jazz, Ini Sebabnya

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Honda City 2014. (Paultan.org)

Recall mobil kali ini menimpa Honda Jazz dan City di Malaysia.

Solopos.com, KUALA LUMPUR – Honda Malaysia mengumumkan segera melakukan penarikan (recall) terhadap mobil Honda Jazz dan City. Hal itu lakukan lantaran telah terjadi eror pada perangkat lunak (software) yang terhubung pada transmisi CVT.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Paultan, Kamis (24/9/52015), recall mobil itu menimpa 12.232 unit Honda City lansiran 2014 dan 97 unit Honda Jazz keluaran 2015. Software yang eror itu menyebabkan hidrolik pada CVT tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Honda dalam siaran resminya mengatakan eror pada software CVT itu akan terjadi saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi kemudian pedal gas dilepas dan diinjak lagi secara cepat.

Akibatnya, mobil mengalami kehilangan tenaga (power loss) bahkan dapat berhenti dengan sendirinya meski mesin masih dalam kondisi hidup dan pedal gas ditekan dalam-dalam. Hal tersebut tentu membahayakan karena berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Advertisement

Beruntung, belum ada laporan kecelakaan terkait permasalahan tersebut. Honda juga menjamin bahwa permasalah pada software CVT itu tidak terjadi pada mobil Honda model lainnya.

Terkait recall mobil itu, Honda telah mengirim surat kepada konsumen supaya datang ke diler Honda Malaysia terdekat untuk melakukan pembaruan pada Powertrain Control Module (PCM) dan software CVT secara gratis.

Di Negeri Jiran, mobil Honda Jazz dan City dirakit secara mandiri oleh Honda Malaysia. Sehingga masalah softwar CVT itu dipastikan tidak menimpa unit yang beredar di Indonesia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif