Teknologi
Minggu, 27 September 2015 - 13:15 WIB

PONSEL ANDROID : HTC Dream, Smartphone Android Pertama di Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - HTC Dream (Commonswikipedia)

Ponsel Android pertama di dunia bernama HTC Dream.

Solopos.com, SOLO — Ponsel Android pertama di dunia ternyata dibuat oleh perusahaan asal Taiwan, HTC, yang bekerja sama dengan Google. Nama smartphone Android pertama di dunia itu adalah HTC Dream.

Advertisement

Sebagaimana diberitakan Gsmarena, Minggu (27/9/2015), ponsel Android G1 HTC Dream dibuat sejak tujuh tahun lalu. Saat ini operation system (OS) Android sudah berkembang pesat dan digunakan sebagian besar smartphone di dunia.

Tahun 2008, smartphone Android  HTC Dream atau T-Mobile resm meluncur. Google yang hari ini berulang tahun ke-17  juga merayakan tujuh tahun kemunculan ponsel Anroid. Google meluncurkan beberpa gambar HTC Dream yang baru.

Wujud ponsel pertama Android di dunai itu tidak seperti sekarang yang berbasis touchscreen atau layar sentuh. HTC Dream dibuat dalam bentuk slide dengan tombol qwerty mirip Blackberry, trackpad, dan sistem operasi Android generasi pertama.

Advertisement

Spesifikasi ponsel Android HTC Dream tak bisa dibandingkan dengan smartphone-smartphone baru berbasis Android yang dikeluarkan Samsung dan beberapa perusahan besar lainnya.

Namun, spesifikasi ponsel Android HTC Dream cukup mumpuni. Spesifikasi itu di antaranya layar yang berukuran 3,2 inci dengan resolusi 320 x 480 piksel.

Ponsel Android HTC Dream ini juga diperkuat dengan prosesor Core Qualcomm MSM7201A dengan kecepatan 528 MHz, dan RAM 192 MB serta memorit 256 MB yang tidak bisa ditambah dengan MicroSD.

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Android pada awalnya adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh perusahaan Android Inc. yang didirikan oleh Andy Rubin tahun 2003. Uniknya, Andy Rubin dulunya adalah karyawan di perusahaan Apple.

Tahun 2005 Google membeli Android. Saat itu hingga satu tahun setelahnya, Google belum memiliki rencana untuk menjadikan Android sebagai sebuah ponsel pintar yang berlayar sentuh atau touch screen.

Pada akhir 2009, Google merilis Android 2.0 dengan menambahkan fitur multi touch pada versi ini. Selanjutnya 5 Januari 2010 Google merilis Nexus One, ponsel pintar dengan desain dan pabrikan HTC. Google Nexus One adalah smartphone pertama Google Nexus.

Peluncuran Google Nexus One ini berjarak lebih dari tiga tahun setelah peluncuran Iphone pertama. Namunn, Iphone pertama tampaknya masih unggul dari sisi teknologi dan desain dibandingkan Google Nexus One.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif