News
Minggu, 27 September 2015 - 16:15 WIB

KURIKULUM 2013 : SMA Batik 1 Ditunjuk Kemendikbud Membuat Video Pembelajaran K-13

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - SMA Batik 1 Solo (Panoramio.com)

Kurikulum 2013, SMA Batik 1 dipercaya membuat video pembelajaran kewirausahaan dan karawitan.

Solopos.com, SOLO–SMA 1 Batik Solo mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membuat video pembelajaran Kurikulum 2013 (K-13).

Advertisement

Video yang merupakan tutorial pembelajaran siswa dan guru tersebut nantinya akan disebarkan ke sekolah-sekolah di penjuru Tanah Air.

Tim penggarap video pembelajaran K-13, Ario Setyadi, mengatakan video tersebut sudah selesai dibuat beberapa pekan lalu. Dalam pekan ini, pihaknya akan mempresentasikan video tersebut di sejumlah pejabat Kemendikbud.
“Istilahnya itu finalisasi video. Jika ada yang kurang akan diperbaiki sebelum digandakan,” paparnya ketika ditemui Solopos.com di SMA Batik 1 Solo, Minggu (27/9/2015).

Ada dua mata pelajaran yang digarap SMA Batik 1 Solo menjadi video pembelajaran. Mata pelajaran itu ialah Kewirausahan dan Karawitan. Dalam video tersebut, para siswa SMA Batik memeragakan cara belajar karawitan dan ilmu berwirausaha melalui teknik membatik.

Advertisement

Kepala SMA Batik 1 Solo, Literzet Sobri, menambahkan sebenarnya pihaknya meminta tiga mata pelajaran untuk dibuatkan video tutorial. Namun, Kemendikbud baru menyetujui dua mata pelajaran. “Sekolah lainnya saja banyak yang tak lolos seleksi, kami malah dapat dua mata pelajaran,” paparnya.

Ada ratusan sekolah yang mengajukan proposal untuk membuatkan video pembelajaran tentang K-13. SMA Batik Solo salah satunya dan berhasil meloloskan dua mata pelajaran yang bisa digarap.

“Tentu kami sangat bahagia karena ini merupakan kepercayaan yang sangat berharga. Kami akan terus tingkatkan kualitas siswa didik kami,” paparnya.

Advertisement

Menariknya, lanjut Zet, video tutorial pembelajaran K-13 tersebut dibuat langsung siswa SMA Batik 1.

”Kami ingin prestasi ini diukir siswa sendiri. Dalam waktu dekat, kami juga segera launching Batik TV,” paparnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif