Otomotif
Minggu, 27 September 2015 - 09:00 WIB

KOMPARASI SEPEDA MOTOR : Touring Pakai Sonic 150R vs CB150R? Begini Rasanya

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Posisi mengendarai Honda New CB150R. (Liputan6.com)

Komparasi sepeda motor Sonic 150R vs CB150R

Solopos.com, BANDUNG – Honda Jawa Barat (Jabar) menggelar kegiatan tur (touring) menunggangi sepeda motor Honda Sonic 150R vs New CB150R. Bagaimana rasanya? Simak komparasi sepeda motor berikut ini.

Advertisement

Kegiatan touring yang digelar Honda Jabar itu menempuh jarak 600 km dengan rute pergi-pulang Bandung, Rancaekek, Nagrek, Garut, Cipatujah, Citumang, dan Pangandaran.

Melihat bentuk Sonic 150R, bisa ditebak rival Suzuki Satria FU150 itu tidak nyaman untuk perjalanan jauh. Hal itu juga diungkapkan oleh Septian Pamungkas, salah satu peserta touring sekaligus reporter laman Liputan6.

Posisi mengendarai Honda Sonic 150R. (Liputan6.com)

Advertisement

“Tinggi badan 175 cm menjadi alasan kami tidak bisa merasakan kenyamanan Sonic. Posisi badan terlalu membungkuk, beban lengan lebih berat dan rasa capek dan pegal cepat datang,” ungkap Septian seperti dilansir laman Liputan6, Jumat (25/9/2015).

Akan tetapi karena Honda Sonic 150R punya bodi ramping dan bobot lebih ringan, Septian mengatakan motor bergaya ayam jago itu terasa lincah dan memiliki performa mesin yang agresif.

Sedangkan Honda CB150R, selain memiliki jok lebih lebar sehingga bokong lebih nyaman, rival Yamaha Vixion itu memiliki ban tapak lebar yang membuatnya anteng dan mantap untuk menikung tajam serta bermanuver.

Advertisement

Permasalahan New CB150R baru terasa saat melintasi jalanan berlubang. Menurut Septian, spionnya terlalu gampang berubah posisi serta tuas persnelingnya terlalu empuk dan posisi gigi dapat berubah dengan sendirinya saat terguncang.

Selain itu suspensi belakang model monoshock pro-link juga dianggap cukup keras namun masih dalam ukuran wajar karena ditunggangi satu orang.

Seperti diketahui, sepeda motor Honda Sonic 150R dan New CB150R memiliki mesin serupa, yakni DOHC 150 cc bertenaga di kisaran 16 hp. Perbedaannya terdapat pada torsi dan putaran mesin (rpm) maksimal yang disesuaikan dengan bobot motor.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif