News
Minggu, 27 September 2015 - 14:45 WIB

JAKARTA COMIC CON 2015 : Begini Awal Mula Munculnya Comic Con

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Berfoto dengan latar karakter Game of Throne. (Istimewa)

Jakarta Comic Con 2015 tak lepas dari Comic Conference yang diselenggarakan di San Diego 1970 silam.

Solopos.com, JAKARTA – Jika Anda penggemar budaya populer seperti komik, game dan berbagai film serta serial ala western, Anda tak akan melewatkan datang ke Jakarta Comic Con 2015. Ini adalah ajang konferensi komik pertama di Indonesia.

Advertisement

Di acara ini Anda bisa berburu dan bertemu banyak bintang fiksi dari Hollywood. Selain superhero ala Amerika, di Jakarta Comic Con 2015 juga menampilkan karakter zombie dari serial The Walking Dead, stan Game of Thrones yang fenomenal dan sederet karakter Star Wars yang tak asing lagi buat para penggemarnya. Asiknya lagi, tak hanya melihat-lihat para pengunjung juga bisa melebur dalam dunia aksi yang ditampilkan.

Keberadaan event Comic Con alias Comic Conference tak lepas dari upaya sekelompok penggemar komik di San Diego Amerika Serikat 1970 silam. Kecintaan mereka pada komik terbukti mampu mempertemukan jutaan penggemar komik dalam sebuah acara yang menarik.

Dikutip dari laman comic-con.org, Minggu (27/9/2015), lima penggemar berat komik, Shel Dorf, Richard Alf, Ken Kueger dan Mike Towry ingin membuat pertemuan penggemar komik. Acara kecil-kecilan yang dinamakan San Diego’s Golden State Comic-Minicon pun digelar 21 Maret 1970 silam. Tak disangka banyak peserta yang berpartisipasi dan menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Advertisement

Kesuksesan itu kemudian membuat mereka menggelar acara serupa, kali ini berskala besar dan digelar selama tiga hari. Acara itu dikenal dengan sebutan San Diego Comic-Con (SDCC) yang pertama kali berlangsung 1-3 Agustus 1970. Kesuksesan SDCC langsung menjadi standar konferensi komik di berbagai belahan dunia. Termasuk yang brelangsung di Jakarta saat ini.

Untuk Comic Con versi Indonesia, meskipun tak langsung berafiliasi dengan SDCC namun terinspirasi dari gelaran serupa. Penyelenggaranya baru saja menyukseskan acara yang sama di Bangkok 2014 dan 2015 silam. Semoga saja Comic Con Indonesia ini tak kalah meriah dengan yang di luar negeri.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif