Otomotif
Minggu, 27 September 2015 - 07:45 WIB

INOVASI OTOMOTIF : Unik, Bus Ini Bisa Jalan Tanpa Sopir

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bus Wepod EZ10. (Telegraph.co.uk)

Inovasi otomotif berupa bus tanpa sopir jadi transportasi massal di Belanda.

Solopos.com, GELDERLAND – Di saat Apple dan Google masih sibuk mengerjakan inovasi otomotif berupa mobil tanpa sopir, Belanda justru sudah memiliki ratusan unit bus tanpa sopir yang siap beroperasi.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Telegraph, Jumat (25/9/2015), inovasi otomotif di bidang transportasi massal itu diberi nama Wepod EZ10. Bus berukuran mungil berteknologi canggih itu mulai beroperasi pada November mendatang.

Nantinya Wepod EZ10 akan beroperasi di sepanjang jalan utama provinsi Gelderland, yakni dari Wageningen hingga Ede. Kendati dapat berjalan tanpa sopir, pergerakan bus yang dapat melaju maksimal 25 km/jam itu tetap dipantau lewat kamera CCTV dan satelit.

Karena baru tahap uji coba, bus bertenaga listrik itu sengaja tidak dioperasikan saat jam-jam sibuk dan cuaca buruk. Untuk sementara, penumpangnya pun dibatasi hanya enam orang meski sebenarnya bus itu didesain untuk memuat 12 orang.

Advertisement

Tak berbeda dari mobil autopilot bikinan Mercedes Benz, Google dan Apple, Wepod EZ10 juga telah dilengkapi kamera, GPS, radar dan laser untuk mendeteksi posisi kendaraan lain serta untuk menghindari lubang di jalan.

Uniknya, calon penumpang juga dapat memesan tempat duduk pada bus Wepod EZ10, menentukan titik penjemputan dan titik tujuan melalui aplikasi yang dapat diunduh di perangkat ponsel pintar.

Jika uji coba itu sukses, Mei 2016 mendatang jumlah bus pintar tanpa sopir itu akan ditambah dan trayeknya diperluas. Sebelum hadir di Belanda, Wepod EZ10 tercatat telah berhasil mengantarkan 19.000 orang di Finlandia dan belum pernah mengalami kecelakaan.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif