News
Minggu, 27 September 2015 - 12:15 WIB

DUTA BATIK SOLO : Pungky dan Raihan Jadi Putra Putri Batik Solo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Duta batik 2015 SMA Batik 1 Solo. (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Duta Batik Solo, dua siswa SMA Batik 1 menjadi putra putri Batik Solo.

Solopos.com, SOLO–Dua siswa SMA Batik 1 Solo kelas XI dinobatkan menjadi Duta Batik dalam perayaan milad ke-58 sekolah tersebut. Dua siswa tersebut yakni Pungky Surya Daryanto, siswa jurusan IPS 1, dan Raihan Ade Izdihar, siswi jurusan IPS 1.

Advertisement

Dua siswa yang terpilih sebagai duta batik tersebut bukan hanya pandai di bidang akademik sekolah, melainkan juga dinilai memahami sejarah, ragam, serta filosofi batik sebagai warisan Budaya Jawa yang telah mendunia.
“Tentu saja mereka adalah siswa-siswa teladan, berbudi pekerti baik, serta cakap berbahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Jawa,” ujar Kepala SMA Batik 1 Solo, Literzet Sobri, saat ditemui Solopos.com selepas acara penganugerahan duta batik di Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari, Sabtu (26/9/2015).

Selain penobatan putra-putri SMA Batik 1, dua siswa juga dianugerahi sebagai putra-putri favorit. Mereka adalah Ali Zainal Abidin, siswa kelas XI Jurusan MIPA 5, dan Dewi Nur Widi Noviyanti, siswi kelas XI Jurusan MIPA 4.

Zet, demikian panggilan akrab Kepala SMA Batik 1 Solo, mengatakan Duta Batik tersebut nantinya diharapkan menjadi inspirator bagi siswa-siswa lainnya, terutama dalam hal pengembangan kebudayaan Jawa.
“Komitmen kami ialah mendidik para siswa dengan tetap berpijak pada jati diri bangsa melalui pendidikan karakter. Dan ini salah satu upaya yang kami lakukan,” terangnya.

Advertisement

Selepas penganugerahan Putra-Putri Batik, acara dilanjutkan dengan pergelaran pentas seni yang diisi band dari para siswa yang sudah terseleksi.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada para siswa dan memberikan apresiasi atas karya mereka bermusik. Jadi, acara ini dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif