Lifestyle
Sabtu, 26 September 2015 - 05:10 WIB

TIPS KESEHATAN : Manfaat Manis Di Balik Rasa Pahit Pare

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Manfaat Sayur Pare (lifqual.com)

Tips kesehatan menyebutkan pare memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Solopos.com, SOLO — Pare adalah salah satu sayur yang sering ditinggalkan lantaran memiliki rasa pahit. Tapi ternyata, pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Advertisement

Berikut beberapa manfaat pare sebagaimana dikutip Solopos.com dari organicfacts.net, Jumat (25/9/2015) :

Mengobati Diabetes
Pare merupakan salah satu sayuran yang dapat mengobati diabetes karena memiliki zat charntin, peptida yang menyerupai insulin, dan alkaloid. Komponen tersebut dapat mengurangi  kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, pare juga dapat mencegah peningkatan dan pengurangan tingkat insulin di dalam tubuh dengan cara mengatur jumlah kadar gula yang masuk ke tubuh bersama makanan.

Tapi, perlu diketahui pare tidak dapat dimakan bersamaan dengan obat lain yang berfungsi menurunkan gula darah. Jika pare dan obat penurun kadar gula darah dimakan bersamaan, gula darah dapat melewati batas minimal yang diperlukan oleh tubuh.

Advertisement

Mengobati Wasir
Sejumlah penelitian menunjukan pare memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat digunakan sebagai bahan pembuat salep untuk penyakit wasir. Selain itu, pare juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan pendarahan luka jika sudah dibuat dalam bentuk krim dan dioleskan ke luka.

Menambah Sistem Kekebalan Tubuh
Pare merupakan salah satu sayuran yang memiliki zat antioksidan tinggi, sehingga pare menjadi salah satu makanan yang dapat membuat seseorang memiliki ketahanan dari berbagai penyakit. Dengan menambahkan pare dalam menu makanan, peluang untuk menghindari serangan jantung, kerusakan ginjal, dan kerusakan hati akan meningkat.

Pencegah Kanker
Antioksidan di dalam pare dapat membantu menghancurkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit, termasuk penyakit kanker. Hal ini dikarenakan pare memiliki kemampuan menginduksi apoptosis (kematian sel) pada sel kanker.

Advertisement

Sejumlah zat yang terkandung di dalam pare dapat meningkat kesehatan seseorang. Tapi, ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi pare karena merangsang pendarahan. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif