Lifestyle
Sabtu, 26 September 2015 - 04:10 WIB

TIPS KESEHATAN : Kimchi, Makanan Khas Korea dengan Sejuta Manfaat

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Makanan Fermentasi Kimchi (kulinen.com)

Tips kesehatan menyebutkan makanan khas Korea, Kimchi, dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dengan berbagai zat menguntungkan yang terkandung di dalam.

Solopos.com, SOLO — Kimchi atau kimchee merupakan makanan fermentasi khas Korea yang terbuat dari sayuran kubis yang dicampur dengan berbagai jenis bumbu dan rempah.

Advertisement

Kimchi mengandung vitamin A, B1, B2, dan C. Tak hanya itu, Kimchi juga memiliki berbagai kandungan mineral seperti zat besi, kalsium, dan selenium. Selain itu, Kimchi juga memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh seseorang.

Berikut ini manfaat Kimchi untuk tubuh, dilansir organicfacts.net, sebagaimana dihimpun Solopos.com beberapa waktu lalu :

Advertisement

Berikut ini manfaat Kimchi untuk tubuh, dilansir organicfacts.net, sebagaimana dihimpun Solopos.com beberapa waktu lalu :

Memperlancar Pencernaan
Kimchi merupakan makanan sumber probiotik yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Proses fermentasi Kimchi tidak hanya berguna untuk meningkatkan rasa, tapi juga berguna untuk menciptakan bakteri sehat, seperti terciptanya lactobasilus yang berfungsi menjaga kesehatan usus.

Kubis yang menjadi bahan dasar Kimchi memiliki kemampuan untuk menyingkirkan limbah dan racun di dalam tubuh. Serat di dalamnya juga membantu mencegah sembelit.

Advertisement

Menjadi Antioksidan
Antioksidan yang terkandung di dalam Kimchi, seperti zat fenol dan flavonoid, memberikan perlindungan tubuh dari efek berbahaya radikal bebas oksigen.

Menurunkan Berat Badan
Bakteri lactobacillus pada Kimchi, selain menjaga kesehatan usus, juga berfungsi untuk menurunkan berat badan dengan cara mengontrol nafsu makan dan mengurangi kadar gula darah. Penelitian menemukan Kimchi yang difermentasi bisa mengurangi lemak di tubuh orang yang terkena obesitas.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Berbagai bahan yang ada di dalam Kimchi, seperti jahe, bawang putih, dan paprika, memiliki zat menguntungkan bagi tubuh untuk menambah sistem kekebalan dari sejumlah penyakit. Bahan tersebut juga dapat melawan infeksi dan menyembuhkan gejala pilek dan flu.

Advertisement

Pencegah Kanker
Penelitian terhadap Kimchi menemukan Kimchi memiliki zat antikanker. Kubis sebagai bahan dasar Kimchi mengandung flavonoid sehat yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain sejumlah manfaat tersebut, penelitian menemukan Kimchi  dapat menyembuhkan virus yang disebabkan oleh unggas, seperti flu burung. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif