News
Sabtu, 26 September 2015 - 03:10 WIB

KISAH UNIK : Hiii, Cake Rasa Jahe Ini Terbuat dari Bakteri Usus Gorila

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gorilla Cheseecake (www.dailymail.co.uk)

Kisah unik datang dari Jepang yang memanfaatkan bakteri dari usus gorila untuk membuat kue jahe.

Solopos.com, KYOTO — Universitas Kyoto merupakan salah satu universitas terkenal di Jepang terkait dengan penelitian ilmiah inovatif yang sering dilakukan. Awal bulan Agustus, tepatnya 6-8 Agustus 2015 lalu, Universitas Kyoto mengadakan festival tahunan untuk lebih memperkenalkan diri kepada calon mahasiswa.

Advertisement

Tim peneliti dari Universitas Kyoto, seperti dikutip dari en.rocketnews24.com, tahun ini membuat hidangan penutup dari bahan yang tidak biasa. Pengunjung yang datang langsung terkejut saat melihat sebuah cheesecake terbuat dari bakteri di usus gorila!

Bakteri yang menjadi bahan utama pembuatan cake tersebut telah ditemukan 2009 lalu. Bakteri itu ditemukan setelah melakukan penelitian yang dipimpin oleh presiden Universitas Kyoto, Juichi Yamagiwa. Bakteri yang diberi nama Lactobacillus gorillae tersebut ditemukan pada gorila asli Afrika, tepatnya di Republik Gabon. Bakteri tersebut kemudian digunakan untuk pembuatan yogurt selanjutnya untuk membuat cake oleh mahasiswa Universitas Kyoto.

Cake tersebut dibuat dalam rasa jahe dan rasa pisang. Setiap potong cheesecake diberi harga Rp44.000 dan dapat dibeli selama festival di kantin Universitas Kyoto. Namun, cake tersebut hanya dijual sebanyak 50 porsi setiap harinya.

Advertisement

Cheesecake yang diberi nama Gorilla Fromage, diciptakan sekelompok mahasiswa sebagai penemuan penyambutan presiden baru universitas, Yamagiwa. Presiden Yamagiwa dilantik pada Oktober 2014 lalu.

Presiden Yamagiwa terlihat bahagia saat memakan karya anak didiknya. Dia berkata, “aku harap pengunjung memakan cake ini, merasa menjadi gorila, dan memandang dunia dari sudut pandang yang berbeda.

Jika cake ini mampu menarik antusias orang untuk membelinya, maka cake ini akan diproduksi dalam jumlah besar dan dijual di universitas di Jepang. (Bimo Putra W/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif