Otomotif
Jumat, 25 September 2015 - 09:45 WIB

UJI TABRAK MOBIL : Ini Hasil Uji Tabrakan Honda HR-V dan Toyota Rush

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Hasil uji tabrak Toyota Rush. (Aseancap.org)

Uji tabrak mobil oleh ASEN NCAP menyatakan Rush dan HR-V aman.

Solopos.com, KUALA LUMPUR – Badan penguji keselamatan ASEAN National Car Assessment Program (NCAP) telah melakukan uji tabrak pada mobil Honda HR-V dan Toyota Rush. Hasilnya, dua mobil segmen SUV itu memperoleh skor nyaris sempurna.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman resmi ASEAN NCAP, Rabu (23/9/2015), mobil Toyota Rush yang diuji merupakan unit yang dirakit di Indonesia, sedangkan Honda HR-V dirakit di Thailand.

Kendati demikian badan penguji keselamatan itu menjamin spesifikasi HR-V yang diuji sama persis dengan yang beredar di Malaysia dan Indonesia.

Fitur dua mobil yang sama-sama populer di Indonesia itu juga mirip, yakni telah dibekali rem ABS, dua buah kantung udara (airbag), sabuk pengaman dengan pretensioner dan kursi berstandar ISOFIX pada baris kedua untuk anak-anak.

Advertisement

Bedanya, fitur keselamatan Honda HR-V lebih lengkap karena telah ditanami Electric Stability Control (ESC).

Hasilnya setelah uji tabrak, dalam hal melindungi keselamatan penumpang dewasa pada kursi baris pertama Toyota mencetak skor empat bintang dan 12,47 poin. Sedangkan Honda HR-V sedikit lebih unggul dengan skor empat bintang dan 15,21 poin.

Sementara itu dalam hal melindungi keselamatan anak-anak pada kursi baris kedua, skor dua mobil itu juga tak terpaut jauh. Toyota Rush mendapat empat bintang dengan kesempurnaan 82 persen dan Honda HR-V mendapat empat bintang dengan kesempurnaan 73 persen.

Advertisement

Sebelumnya, badan penguji keselamatan yang bermarkas di Malaysia itu juga telah menguji Toyota Hilux dan deretan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) produksi Indonesia, yakni Datsun Go, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif