News
Jumat, 25 September 2015 - 12:50 WIB

EKONOMI GLOBAL : Kenaikan Suku Bunga AS Kemungkinan Tahun Ini

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Janet Yellen (JIBI/Reuters)

Ekonomi global saat ini masih menunggu kepastian kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat (AS).

Solopos.com, WASHINGTON-Gubernur bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve) Janet Yellen pada Kamis mengatakan masih berharap untuk meningkatkan suku bunga pada tahun ini dan kekhawatiran soal pertumbuhan global yang melemah kemungkinan besar tidak akan mempengaruhi rencana itu.

Advertisement

Yellen mengatakan perbaikan ekonomi AS mungkin akan memerlukan awal peningkatan suku bunga federal funds akhir tahun ini.

“Dampak hal tersebut mungkin tidak akan cukup untuk mempengaruhi kebijakan secara signifikan,” katanya dalam pidato di Universitas Massachusetts, Amherst seperti dikutip Antara dari sebuah kantor berita, Jumat (25/9/2015).

Satu pekan lalu bank sentral AS memutuskan untuk menunda kenaikan suku bunga pertama sejak krisis keuangan 2008.

Advertisement

Setelah pertemuan 17 September, Yellen dalam konferensi pers menyatakan komite (FOMC) memutuskan untuk menunda kenaikan suku bunga karena kekhawatiran tentang pelambatan pertumbuhan di Tiongkok dan pelarian modal dari pasar negara-negara berkembang.

“Prospek untuk ekonomi AS umumnya tampak kuat,” kata Yellen, mengutip kenaikan rata-rata pekerjaan bulanan 210.000 dan data lain yang menunjukkan ekonomi memiliki telah berkembang.

“Rekan-rekan dan saya, berdasarkan perkiraan terbaru, mengantisipasi pola ini akan terus berlanjut dan kondisi pasar tenaga kerja akan meningkat lebih lanjut ketika kita menuju 2016,”jelasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif