News
Kamis, 24 September 2015 - 02:45 WIB

PENDIDIKAN INDONESIA : Indonesia Juara Umum Ke-3 di Olimpiade di Brazil

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Indonesia raih juara umum ketiga Olimpiade Brazil (Istimewa)

Pendidikan Indonesia mendapatkan prestasi gemilang dengan meraih juara umum ke-3 di Olimpiade Brazil.

Solopos.com, JAKARTA – Anak bangsa kembali mengharumkan nama bangsa setelah meraih prestasi gemilang di ajang olimpiade tingkat Internasional. Kali ini pada ajang Olimpiade Internasional Kebumian atau International Earth Science Olympiad (IESO) yang diadakan di Pocos de Caldas, Brazil, pada 13-20 September 2015. Indonesia berhasil meraih juara umum ke-3, dengan perolehan satu medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu.

Advertisement

“Ini prestasi yang sangat membanggakan sekali, dan ini sangat luar biasa dengan dibuktikan putra bangsa meraih medali emas pada ajang olimpiade bergengsi di Brazil,” tutur Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Purwadi Sutanto saat menjemput para peraih medali tersebut di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, Selasa (22/9/2015).

Dilansir laman Kemdikbud.go.id, Rabu (23/9/2015), nantinya para siswa peraih medali akan mendapatkan apresiasi dari pemerintah berupa beasiswa. “Para peraih juara ini akan mendapatkan apresiasi dari pemerintah dalam bentuk beasiswa. Peraih emas akan mendapatkan beasiswa sampai dengan S3, peraih perak akan mendapatkan beasiswa sampai dengan S2, dan peraih perunggu akan mendapatkan beasiswa sampai S1,” jelas Purwadi.

Dalam olimpiade ini peserta mengikuti tes teori dan praktik. Tes teori dilakukan tanpa pengelompokan soal berdasarkan bidang, tetapi dicampur secara acak dengan soal 67.

Advertisement

Soal ujian tersebut meliputi bidang geologi dan geofisika, meteorologi, oceanografi dan hidrologi, serta astronomi. Pengelompokkan soal per bidang dilakukan pada tes praktik yang terbagi atas lima kelompok yakni tes hidrologi, meteorologi, geofisika, geologi, dan astronomi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif