News
Kamis, 24 September 2015 - 08:20 WIB

Fakultas Bioteknologi UKDW Terima Hibah Pengajaran Kreatif dari United Board

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Fakultas Bioteknologi UKDW menerima hibah pengajaran kreatif dari United Board

Harianjogja.com, JOGJA – Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) berhasil memperoleh hibah pengajaran kreatif dari United Board untuk tahun anggaran 2016. Dana hibah ini mencapai US$ 5,000.

Advertisement

Proposal yang memperoleh bantuan tersebut mengangkat tajuk “Problem Based Learning of The Environment of Eastern Part of Indonesia for Biotechnology Students of Duta Wacana Christian University”.

Dekan Fakultas Bioteknologi UKDW, Kisworo mengatakan hibah yang diterima Fakultas Bioteknologi ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas akademik khususnya terkait penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).

“Rencana akan kami manfaatkan untuk lima kegiatan. Lima kegiatan ini tentu saja berhubungan erat dengan peningkatan akademik di sini,” kata Kisworo, Selasa (22/9/2015) di Kampus UKDW.

Advertisement

Kegiatan pertama ialah penyusunan modul-modul kuliah, tutorial dan praktikum sesuai konteks Indonesia Bagian Timur (IBT), untuk tujuh mata kuliah, yaitu Ekowisata, Analisa mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Bioentrepreneurship, Biodiversitas, Biofarmaka, serta Ekologi.

Kegiatan kedua ialah koleksi spesimen hewan dan tumbuhan khas IBT, yang bukan merupakan hewan dan tanaman langka dan dilindungi. Nantinya akan disimpan di laboratorium Botani dan Zoologi serta digunakan dalam praktikum.

Kegiatan ketiga ialah pelatihan entrepreneurship untuk Ekowisata IBT bagi mahasiswa Fakultas Bioteknologi, baik yang berasal dari IBT maupun daerah-daerah lain. Kegiatan keempat ialah praktek lapangan agribisnis di DIY dan Jateng bagi mahasiswa asal IBT dan daerah-daerah lain. Sedangkan kegiatan kelima ialah Presentasi Potensi dan Promosi Ekowisata IBT oleh mahasiswa Fakultas Bioteknologi di delapan SMA di DIY dan Jateng.

Advertisement

“Kelima kegiatan tersebut ini, selain mempersiapkan Fakultas Bioteknologi dalam KBK juga akan bersifat promotif bagi calon mahasiswa baru asal IBT. Tentunya meningkatkan keterampilan entrepreneurship, serta berpartisipasi aktif mempromosikan wisata IBT di Jateng dan DIY,” kata Kisworo.

Advertisement
Kata Kunci : Fakultas Bioteknologi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif