Entertainment
Rabu, 23 September 2015 - 14:35 WIB

SOLO KERONCONG FESTIVAL 2015 : Johan Untung dan Iin Indriani akan Tampilkan Pop Keroncong

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Johan Untung (wikipedia.org)

Solo Keroncong Festival 2015 diadakan di halaman Bali Kota Solo.

Solopos.com, SOLO – Solo Keroncong Festival (SKF) kembali diadakan di Solo. Tahun ini, acara kali ketujuh itu akan diadakan di halaman Balai Kota Solo, Jumat-Sabtu (25-26/9/2015), yang dimeriahkan dua penyanyi nasional berbeda generasi.

Advertisement

Dua penyanyi itu, Johan Untung yang merupakan penyanyi pop tahun 70-an dan Iin Indriani yang dikenal sebagai penyanyi lagu-lagu pop berbahasa Mandarin tahun 2000-an.

Kedua penyanyi tersebut akan menyanyikan enam hingga delapan lagu dalam penampilannya pada Sabtu (26/9/2015) malam.

Advertisement

Kedua penyanyi tersebut akan menyanyikan enam hingga delapan lagu dalam penampilannya pada Sabtu (26/9/2015) malam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Johan Untung yang bernama asli Yaques Alex Nanlohy dikenal masyarakat karena sering menyanyikan lagu-lagu penyanyi dunia dan tanah air secara cover version.

Laki-laki berusia 60 tahun itu mengawali kariernya dengan belajar pada musisi A. Riyanto bersama Jamal Mirdad, Atiek CB, Ade Putra, dan Maharani Kahar.

Advertisement

Tahun 1979, Johan tampil di TVRI Stasiun Surabaya dengan menyanyikan lagu-lagu karya Ebiet G. Ade. Kemampuannya olah vokal yang mirip penyanyi aslinya membuat Johan sering tampil di layar televisi.

Lewat tangan A. Riyanto, Johan pun memulai debutnya dengan membuat album pop Indonesia Nusantara 3 pada 1981.

Namun, album itu ternyata kurang mendapat sambutan dari pencinta musik Indonesia, sehingga dia memutuskan bergabung dengan Ireng Maulana untuk menjadi vokalis di kafe-kafe di Jakarta.

Advertisement

Tahun 90-an ia juga bergabung dengan Flashback Band pimpinan Nunus Utomo, lalu mengisi acara Tembang Kenangan di sebuah stasiun televisi swasta.

Sementara, Iin Indriani adalah penyanyi asal Solo, yang dikenal karena menyanyikan lagu-lagu pop berbahasa Mandarin. Ia mulai tertarik mengembangkan lagu-lagu keroncong dengan meluncurkan single ciptaannya sendiri yang berjudul Hasratku.

Lagu yang dibawakan tersebut beraliran keroncong kreatif karena didominasi musik pop dibanding keroncong.

Advertisement

Iin berharap melalui lagu keroncong kreatif bisa menjembatani musik keroncong klasik dengan pop, sehingga bisa diterima semua kalangan masyarakat. Selain menekuni musik keroncong, Iin juga kerap mengisi acara Gebyar Keroncong di TVRI.

“Kami mengundang dua bintang tamu itu karena ingin membentuk opini masyarakat bahwa musik genre lainnya bisa berkolaborasi dengan musik keroncong,” kata Ketua Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (HAMKRI) Solo, Wartono, mewakili Ketua Pelaksana Acara, Agung Pamuji, saat ditemui wartawan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Selasa (22/9/2015).

Selain dua penampil itu, ia menyatakan ada beberapa penyanyi keroncong dari beberapa daerah di Indonesia seperti Gorontalo, Bandung, Jakarta, Demak, Jombang, Malang, dan Solo. Selain itu, juga ada dua kelompok penggemar musik keroncong dari Malaysia yang akan tampil di acara tersebut.

“Tamu dari Malaysia itu bukan kami undang, tetapi keinginan mereka sendiri yang ingin tampil di SKF 2015. Dua kelompok penggemar musik keroncong itu adalah Kelompok Komunitas Pelukis Malaysia dan Jembatan Pelancongan Labuan,” tutur dia.

Wartono berharap dengan hadirnya bintang tamu dan penampil dari luar negeri, musik keroncong bisa semakin diterima masyarakat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif