Lifestyle
Rabu, 23 September 2015 - 07:50 WIB

RESEP MASAKAN : Begini Cara Tepat Masak Brokoli

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Brokoli (addapinch.com)

Resep masakan kali ini mengulas soal cara benar memasak brokoli.

Solopos.com, SOLO — Brokoli adalah bahan pangan yang kaya serat, glucoraphanin, vitamin A, C, E, B6, kalium, dan magnesium. Terkait dengan pelbagai kandungan gizi tersebut, cara memasak brokoli berpengaruh pada pengurangan zat gizi yang ada di dalamnya.

Advertisement

Jika tidak dimasak dengan cara yang tepat, salah-salah brokoli yang Anda masak akan kehilangan khasiatnya. Sebagaimana dirangkum Solopos.com dari Timesofindia, Senin (21/9/2015), memasak brokoli paling baik adalah dengan mengukus.

Simak selengkapnya trik tepat memasak brokoli, termasuk cara memotongnya, berikut ini;

Mengukus
Cara tepat memasak brokoli adalah dengan mengukusnya. Jika direbus, kemungkinan zat gizi dalam brokoli akan larut ke air, lebih besar. Tentu saja, ini tidak akan menguntungkan Anda.

Advertisement

Sementara itu, durasi memasak brokoli pun tidak boleh terlalu lama atau terlalu sebentar. Jika terlalu lama, brokoli bisa kehilangan zat gizinya.

Namun, jika terlalu sebentar, ini akan membuat brokoli sulit dikunyah. Upayakan untuk memasak brokoli dengan durasi waktu pas. Ingat, yang penting adalah brokoli empuk ketika dikonsumsi.

Jangan Buang Tangkai
Pada umumnya, orang tidak suka dengan tangkai brokoli dan membuangnya. Ternyata cara ini tidak sepenuhnya benar.

Advertisement

Tangkai brokoli berfungsi untuk mempertahankan kepala brokoli yang mengandung banyak vitamin. Jika tangkai brokoli dipotong, kepala brokoli akan mudah terpecah dalam bagian kecil-kecil.

Selain itu, tangkai brokoli menyimpan rasa manis, yang artinya tangkai brokoli bisa pula Anda konsumsi.

Dalam ilmu medis, brokoli menjadi salah satu pangan yang direkomendasikan para dokter sebagai makanan untuk orang-orang yang ingin menurunkan kolesterol dan ingin berdiet. Serat yang ada dalam brokoli juga baik untuk pencernaan Anda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif