Soloraya
Rabu, 23 September 2015 - 10:15 WIB

KEBAKARAN KARANGANYAR : Pabrik Kayu di Gondangrejo Terbakar

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran berjalan di antara kepulan asap akibat kebakaran PT HAN di Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar. (Kurniawan/JIBI/Solopos)

Kebakaran Karanganyar melanda pabrik kayu di Gondangrejo.

Solopos.com, KARANGANYAR – Kebakaran terjadi di pabrik kayu PT Hasil Albizia Nusantara (HAN) di Dusun Selorejo, Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar, Selasa (22/9/2015) malam.

Advertisement

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Sedangkan kerugian material masih dalam penaksiran.
Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, kebakaran kali pertama diketahui sekitar pukul 20.00 WIB.

Kapolres Karanganyar, AKBP Mahedi Surindra melalui Kapolsek Gondangrejo, AKP Sugeng Dwiyanto, didampingi Kanitreskrim Ipda Herawan, mengatakan penyebab kebakaran diduga percikan api dari mesin fork clip atau mesin penata kayu lapis.

Sebanyak enam armada damkar dari Pemkab Karanganyar, Pemkot Solo, dan Bakorwil II Surakarta, dikerahkan untuk memadamkan api. Sekitar pukul 21.30 WIB api berhasil dikendalikan.

Advertisement

“Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan. Tapi dugaan sementara karena percikan api di tumpukan sampah kayu dari mesin penata kayu,” ujar dia.

Sedangkan petugas keamanan PT HAN, Ngadiman menuturkan kobaran api dari tumpukan sampah merembet ke tumpukan kayu lapis di sekitarnya.

Kayu-kayu sengon tersebut sedianya akan diekspor. Tapi masih banyak tumpukan kayu sengon yang selamat dari amukan si jago merah. Lokasi kebakaran hanya beberapa meter dari pabrik PT Hilon.

Advertisement

Pabrik PT HAN memang bersebelahan dengan pabrik PT Hilon. Beruntung api berhasil dilokalisasi sehingga tidak merembet ke pabrik di sebelahnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif