Jatim
Rabu, 23 September 2015 - 15:05 WIB

KAMPUNG INGGRIS PARE : Lo? Pemkab Kediri Ingin Jadikan Kampung Inggris Pare sebagai Objek Wisata!

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana belajar di Kampung Inggris Pare (Kaskus.co.id)

Kampung Inggris Pare yang telah kondang ke seluruh pelosok negeri mendadak hendak dikelola Pemerintah Kabupaten Kediri sebagai objek wisata.

Madiunpos.com, KEDIRI — Kampung Inggris di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri hendak dijadikan objek wisata oleh pemerintah kabupaten setempat. Selama ini, saban tahun, ribuan pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Nusantara—bahkan mancanegara—berdatangan ke tempat itu untuk belajar bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Advertisement

Kampung Inggris selama ini berkembang mandiri sebagai tempat belajar bahasa Inggris atas prakarsa masyarakat setempat. Bagi sebagian kalangan pelajar dan mahasiswa di Indonesia, Kampung Inggris Pare bahkan lebih dikenal ketimbang Kabupaten Kediri.

Berdasarkan catatan Madiunpos.com, keberadaan Kampung Inggris di Pare tak bisa dipisahkan dari kehadiran Muhammad Kalend Osen, guru kelahiran Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Ia merantau ke Tanah Jawa untuk berguru kepada sejumlah kiai di Pondok Pesantren Gontor Ponorogo dan langkahnya berakhir setelah mantap berbagi pengetahuan berbahasa asing di tempat itu.

Nyatanya, Pemerintah Kabupaten Kediri kini ingin ikut campur dalam pengembangan kawasan itu sebagai objek wisata edukasi. Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Kediri Haris Setiawan tanpa malu-malu mengklaim Pemkab Kediri selama ini telah membenahi Kampung Inggris itu untuk dijadikan objek wisata edukasi.

Advertisement

“Kami sudah berbenah, bahkan sejak dua tahun terakhir. Kami jadikan lokasi ini [Kampung Inggris] menjadi salah satu destinasi wisata edukasi di Kabupaten Kediri,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Kediri Haris Setiawan di Kediri, Selasa (22/9/2015).

Wujud pembenahan itu, menurut representasi Pemkab Kediri itu adalah perbaikan sejumlah lokasi, seperti penataan jalan, penerangan, sampai selokan. Langkah itu, menurutnya, dilakukan, agar Kampung Inggris menjadi tempat yang lebih layak sebagai objek wisata edukasi.

Akses ke Kampung Inggris, menurutnya, juga sudah dibuatkan gapura. Nantinya, sambung Haris Setiawan sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Pemkab Kediri akan menambah berbagai fasilitas wisata edukasi di kawasan tersebut.

Advertisement

 

Berita Lain Kampung Inggris Pare:
Inilah Sosok Rendah Hati Pendiri Kampung Inggris Pare
Inilah Alasan Orang Bondong-Bondong Belajar Bahasa ke Pare
Inilah Tips Sebelum Belajar Bahasa Inggris di Pare
Luar Biasa, di Kampung Inggris, Sepeda Ontel Menjadi Budaya
Terowongan Surowono, Wisata Alam Menegangkan di Pare

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif