Jatim
Rabu, 23 September 2015 - 16:05 WIB

KAMPUNG INGGRIS PARE : Kampung Inggris Dijadikan Objek Wisata, Pemkab Kediri Ingin Bina Pengajar…

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana belajar di Pare (kampunginggrismu.com)

Kampung Inggris Pare mendadak hendak dijadikan objek wisata, bahkan pendidik bahasa asing di kawasan itu pun hendak dibina Pemkab Kediri.

Madiunpos.com, KEDIRI — Pemerintah Kabupaten Kediri berniat menjadikan Kampung Inggris di Kecamatan Pare sebagai objek wisata edukasi. Pemkab Kediri bahkan berencana melakukan pembinaan atas sistem pendidikan di lembaga pengajaran bahasa asing di kawasan yang telah dipercaya banyak kalangan pelajar dan mahasiwa di seluruh pelosok Indonesia itu.

Advertisement

Seperti diberitakan Madiunpos.com, Pemerintah Kabupaten Kediri menjadikan kawasan yang telah kondang ke pelbagai pelosok negeri itu sebagai objek wisata edukasi. Selama ini, saban tahun, ribuan pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah di Nusantara—bahkan mancanegara—berdatangan ke tempat itu untuk belajar bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Kampung Inggris selama ini berkembang mandiri sebagai tempat belajar bahasa Inggris atas prakarsa masyarakat setempat diklaim Pemkab Kediri telah dibenahi sehingga lebih layak menjadi objek wisata. Selanjutnya, menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Kediri Haris Setiawan yang dikutip Kantor Berita Antara, Selasa (22/9/2015), Pemkab Kediri akan secepatnya melakukan pembinaan terhadap pengelola tempat kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare.

Pengelola Bakal Didata
Para pengelola tempat kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare, menurut dia, akan didata satu per satu. Pendataan lembaga kursus bahasa Inggris di kawasan itu dilakukan dengan dalih agar lebih mudah menata administrasi terkait mereka.

Advertisement

Kampung Inggris Pare memiliki sekitar 102 lembaga kursus dan setiap tahunnya dikunjungi tidak kurang dari 50.000 peserta didik dengan beragam usia. Tempat-tempat pelatihan bahasa itu berdiri bukan di sebuah gedung megah layaknya universitas. Tempat belajar di kawasan itu hanya memanfaatkan pelataran rumah warga, serambi masjid, ladang kebun, pondok pesantren, serta ruangan-ruangan yang disekat dan disulap menjadi tempat belajar.

Pengembang Formula Baru
Para peserta didik kursus bahasa itu menyatu dengan denyut nadi warga setempat selama bertahun-tahun. Mereka datang ke kawasan itu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris ataupun sekadar berkunjung. Pengunjung pun bukan hanya dari kalangan pelajar, namun juga orang dewasa yang ingin mendalami bahasa Inggris. Mereka juga dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari luar negeri.

Selain terpercaya karena melibatkan para kampiun tata bahasa asing dalam pengajaran, lembaga-lembaga pengajaran bahasa di Kampung Inggris Pare juga kondang karena tak henti berlomba menemukan formula dan metode belajar bahasa asing yang mudah, simple, murah, dan menyenangkan. Tentu saja, persaingan itu hanya bisa mengemuka karena mutu dan keahlian masing-masing padepokan bahasa itu umumnya telah teruji.

Advertisement

 

Berita Lain Kampung Inggris Pare:
Inilah Sosok Rendah Hati Pendiri Kampung Inggris Pare
Inilah Alasan Orang Bondong-Bondong Belajar Bahasa ke Pare
Inilah Tips Sebelum Belajar Bahasa Inggris di Pare
Luar Biasa, di Kampung Inggris, Sepeda Ontel Menjadi Budaya
Terowongan Surowono, Wisata Alam Menegangkan di Pare

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif