Lifestyle
Selasa, 22 September 2015 - 17:30 WIB

TIPS MINUM KOPI : Mau Mata Melek? Campurkan Garam ke Dalam Kopi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi biji kopi (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Tips minum kopi ada banyak. Kali ini adalah bagaimana membuat kopi lebih nendang.

Solopos.com, JAKARTA — Bingung saat menentukan jenis kopi mana yang paling tepat membuat Anda bisa menunda rasa kantuk? Berikut penjelasannya.

Advertisement

Pakar Kopi Adi Taroepratjeka mengatakan ada tiga jenis kopi yang ditanam secara komersial yaitu arabika, robusta, dan liberika. Dari ketiganya, kopi arabikalah yang bisa menjadi penolong bagi Anda agar bisa tetap berkonsentrasi saat malam tiba. Banyak orang memanfaatkan kadar kafein dalam kopi.

Namun, khusus bagi mereka yang ingin tetap terjaga bisa memilih kopi tubruk yang merupakan turunan kopi arabika. Kopi arabika menang lebih asam dibanding kopi lain. Hal itu disebabkan oleh tingginya kadar kafein.

“Banyak yang mengira kopi espresso paling baik untuk bisa tahan kantuk kalau mau begadang, tapi sebenarnya, kopi tubruk itu jauh lebih nendang,” ujarnya di Artotel, Senin (21/9/2015).

Advertisement

Jika dibandingkan, kadar kafeinnya sepertiga lebih tinggi dari espresso. Namun, bila efeknya ingin lebih terasa bisa juga ditambahkan garam ke dalam kopi. Garam, ujar Adi, membantu tubuh agar lebih cepat menyerap zat-zat. Dengan demikian, agar tingginya kadar kafein bisa segera dimanfaatkan sejumput garam akan membantu.

“Kalau mau lebih terasa lagi efeknya, campur kopi sama garam. Garam membuat larutan mudah diserap oleh tubuh kita,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif