Sport
Selasa, 22 September 2015 - 00:30 WIB

LIGA SERIE-A ITALIA : 2 Raksasa Pecah Telur

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Napoli Marques Loureiro Allan (ki) merayakan gol bersama Marek Hamsik seusai membuat gol ke gawang Lazio pada lanjutan Laga Serie A. JIBI/Reuters/Ciro De Luca

Liga Serie-A Italia pekan keempat akhirnya membawa dua raksasa sepak bola Italia memenangkan pertandingan.

Solopos.com, SAN PAOLO—Perjuangan Juventus dan Napoli memburu kemenangan pertama musim ini akhirnya membuahkan hasil. Dua raksasa Seri-A itu mengakhiri puasa kemenangan di pekan keempat, Minggu (20/9/2015) malam hingga Senin (21/9/2015) dini hari WIB.

Advertisement

Juventus memetik kemenangan 2-0 atas Genoa dalam partai tandang ke Stadion Comunale Lugi Ferraris, Minggu. Nyonya Tua, julukan Juventus, membawa pulang poin penuh berkat aksi bunuh diri Eugenio Lamanna dan gol penalti Paul Pogba di masing-masing babak.

Kemenangan itu menjadi yang pertama untuk Juventus dalam empat pertandingan Seri-A. Di tiga partai sebelumnya, Nyonya Tua dikalahkan Udinese dan AS Roma dan ditahan imbang Chievo 1-1, Minggu (13/9/2015).

Rangkaian hasil tak memuaskan itu yang membuat Nyonya Tua sempat terpuruk di papan bawah klasemen. Baru di pekan keempat posisi Gianluigi Buffon jauh lebih baik. Juventus kini menghuni urutan ke-13 klasemen dengan nilai 4 dari empat laga.

Advertisement

Seluruh pasukan Nyonya Tua menyambut suka cita kemenangan atas Genoa tersebut. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, mengungkapkan kini tim akan berjuang merangkak naik di papan klasemen.  Meski begitu, ia menilai Juventus bisa tampil lebaik baik lagi melawan Genoa yang bermain dengan hanya 10 pemain sejak akhir babak pertama.

“Kami menang karena bermain hati-hati dan bertahan secara tertib. Namun, kami masih bisa lebih baik lagi dalam laga 11 melawan 10 [pemain]. Ini kemenangan yang penting dan mulai saat ini tim harus terus berjuang merangkak ke tiga besar,” kata Allegri dilansir football-italia.net, Senin.

Sayang, kemenangan Juventus harus ditebus dengan harga mahal. Alvaro Morata dibekap cedera dan hanya tampil 22 menit di Comunale Luigi Ferraris. Bintang asal Spanyol itu akan melakoni mendalam, Senin waktu setempat, untuk mengetahui jenis cedera yang dialaminya.

Advertisement

Selain Morata, Mario Mandzukic dilaporkan juga didera cedera. Eks bintang Bayern Munich itu ditarik keluar pada menit ke-83 akibat mengalami kram dan tegang otot, namun masalah yang dialami striker asal Kroasia itu diyakini tidak seserius cedera Morata.

Dalam laga yang lain, Napoli membukukan kemenangan perdana di ajang Seri-A dalam pertemuan melawan Lazio, Senin dini hari WIB. Partenopei, julukan Napoli, menghajar tim asal ibu kota itu dengan skor telak 5-0. Hasil impresif itu mengulang torehan tiga hari sebelumnya ketika Napoli membungkam Club Brugge 5-0 di ajang Liga Europa, Jumat (18/9/2015).

Gonzalo Higuain mengukir dua gol, dan Allan, Lorenzo Insigne, serta Manolo Gabbiadini menyumbang masing-masing satu gol. Napoli kini memiliki lima poin dari empat laga dan bercokol di peringkat ke-11 klasemen, tertinggal tujuh poin dari Inter di posisi puncak.

Pelatih Napoli, Maurizio Sarri, menyebut hasil memuaskan di laga terbaru adalah buah pergantian strategi yang dia lakukan. Napoli semula bereksperimen dengan formasi 4-3-1-2 di beberapa laga awal namun kini beralih ke sistem 4-3-3. “Skema 4-3-3 memberi sesuatu yang lebih secara defensif. Untuk saat ini kami akan memakai semua sistem itu dalam latihan, namun bila yang terakhir membuat kami tampil konsisten, tak ada yang akan diubah lagi,” kata Sarri. (Triyono/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif