News
Senin, 21 September 2015 - 12:30 WIB

PERLINDUNGAN ANAK : KPAI Desak Sekolah Serius Cegah Bullying

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (yepenfield.com)

Perlindungan anak ini terkait imbauan KPAI agar sekolah serius mencegah bullying.

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta seluruh sekolah di Indonesia untuk mencegah kasus bullying sedini mungkin untuk mencegah jatuhnya korban, apalagi hingga meninggal dunia.

Advertisement

Bullying merupakan tindakan yang tidak boleh tumbuh dalam dunia pendidikan karena merupakan perilaku yang tidak senapas dengan nilai-nilai luhur pendidikan,” kata Komisioner Bidang Pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto melalui siaran pers diterima di Jakarta, Senin (21/9/2015).

Ketua Divisi Sosialisasi KPAI itu mengatakan dalam banyak kasus, bullying fisik seringkali diawali bullying verbal meskipun tidak selalu seperti itu.

Karena itu, perlu ada beberapa upaya yang dilakukan sekolah untuk mencegah bullying yang dilakukan maupun terhadap anak didik.

Advertisement

“Perlu dibangun perspektif di kalangan tenaga pendidikan dan kependidikan bahwa bullying dalam bentuk verbal, psikis, fisik, seksual dan cyber bullying tidak dibenarkan dan harus dicegah sedini mungkin,” tutur dia.

Menurut Susanto, tenaga pendidikan dan institusi pendidikan juga perlu memastikan siswa memiliki kesadaran dan pemahaman bullying tidak boleh terjadi dan harus dijauhi.

Selain itu, sekolah juga perlu membangun mekanisme pengaduan bila terjadi kasus bullying di sekolah, dengan meminimalkan dampak negatif yang tidak diinginkan.

Advertisement

Lebih lanjut, ia menyatakan KPAI sangat menyesalkan dan menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya salah satu siswa SD di wilayah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, yang diduga akibat kasus bullying antarteman.

Kasus tersebut saat ini telah ditangani oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Metro Jakarta Selatan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif