News
Minggu, 20 September 2015 - 05:00 WIB

KISAH UNIK : Wow! Pria Ini Buat Rumah dari Air

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rumah dari air 3 (CNN.com)

Kisahu unik berupa hunian unik mengenai rumah dari air.

Solopos.com, SOLO – Hunian yang dibuat dari bahan padat  memang sudah biasa. Kini, seorang pria berhasil menciptakan rumah yang dibuat dari air.

Advertisement

Dikutip Solopos.com, Rabu (12/8/2015) dari laman CNN.com, seorang arsitek Hungaria berhasil membuat sebuah rumah dengan bahan utama air. Arsitek Hungaria, Matyas Gutai, percaya bahwa air adalah bahan yang paling sempurna untuk membuat suhu rumah tetap sejuk.

Berhasil menciptakan rumah dari bahan utama air bukan berarti Gutai tidak memerlukan bahan lainnya seperti bata dan semen. Gutai membangun hunian tersebut di Kecskemet, Budapest Selatan setelah sebelumnya merancang prototipe dengan sahabatnya Milan Berenyi.

Gutai membuat hunian tersebut dengan bahan papan, baja dan gelas. Setelah membuat struktur rumah, Gutai kemudian mengisi bagian dalam rumah dengan air yang bisa menyeimbangkan suhu ruangan. Suhu ruangan rumah bisa dimodifikasi sesuai keinginan penghuni. “Papan yang didalamnya terdapat air bisa menghangatkan dan menyejukkan ruangan,” tutur Gutai.

Advertisement

Gutai mengaku mendapatkan ide tersebut saat berada di Universitas Tokyo, Jepang. Pria yang saat itu sedang menikmati onsen atau pemandian air panas menyadari bahwa temperatur permukaan air bisa diterapkan di bidang arsitektur.

Gutai menyebutkan bahwa hunian air ini memerlukan biaya yang lebih banyak. Pria tersebut berencana bekerja dengan perusahaan Eropa untuk mengembangkan teknologi hunian air tersebut. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif