Jogja
Sabtu, 19 September 2015 - 23:20 WIB

PEMKAB KULONPROGO : Lari Manunggal Usung Rute Sejarah Lahirnya Kulonprogo

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google.img)

Pemkab Kulonprogo berencana mengadakan lari manunggal.

Harianjogja.com, KULONPROGO – Lari Manunggal untuk memeriahkan Hari Jadi Kulonprogo ke 64 akan digelar dengan start dari Pasar Percontohan Sentolo. Rute tersebut dipilih sebagai napak tilas sejarah terbentuknya Kabupaten Kulonprogo.

Advertisement

Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kulonprogo Arif Prastowo mengatakan, garis start Lari Manunggal akan dimulai dari Pasar Percontohan Sentolo dan garis finish di Polsek Wates. Arief mengungkapkan, rute tersebut memiliki sejarah panjang tentang lahirnya kabupaten ini. Arief menjelaskan, rute ini untuk mengingatkan sejarah terbentuknya Kulonprogo.

“Karena dulu, Kabupaten Kulonprogo awalnya beribukota di Sentolo, dan Kabupaten Adikarto wilayah Pakualaman yang beribukota di Wates. Kemudian keduanya bergabung dan menjadi Kabupaten Kulonprogo yang beribukota di Wates,” papar Arif, Jumat (18/9/2015).

Lari Manunggal akan digelar pada 6 Oktober mendatang dengan garis start dimulai di Pasar Sentolo baru dan untuk garis finish dibagi dua tempat. Garis finish untuk tingkat sekolah dasar dan sederajat di SMPN 2 Pengasih Kedungsari. Sedangkan garis finish untuk peserta SMP, SLTA dan Umum bertempat di Polsek Wates atau bekas Polres Kulonprogo.

Advertisement

Sementara itu, Ketua KONI Kulonprogo Bambang Gunoto menambahkan, pendaftaran gratis di kantor KONI Kulonprogo mulai 25 September hingga 4 Oktober. Arif berharap,event tersebut dapat diikuti ribuan peserta, baik siswa sekolah SD, SMP, SLTA hingga PNS maupun masyarakat umum. Peserta dari siswa ada surat izin dari kepala sekolah, PNS izin dari kepala SKPD dan masyarakat dengan fotocopy KTP.

“Rute yang akan dilalui peserta lari adalah sejauh sepuluh kilometer,” imbuh Bambang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif