Lifestyle
Kamis, 17 September 2015 - 09:40 WIB

TIPS KESEHATAN : Benarkah Terlalu Banyak Protein Bisa Bahayakan Ginjal?

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi makanan berprotein (Menshealth.com)

Tips kesehatan kali ini mengulas seputar fakta protein.

Solopos.com, SOLO — Sebagian orang percaya terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein bisa membuat kesehatan ginjal terganggu. Benarkah?

Advertisement

Anggapan tentang protein yang bisa merusak kesehatan ginjal ternyata tidak sepenuhnya benar. Menurut ahli kesehatan Alan Aragon, hal itu bagai mitos keliru yang berkembang di khalayak.

Sebagaimana dilansir Prevention, Rabu (16/9/2015), konon pada 1983, ada penelitian para ahli yang menyebutkan mengonsumsi makanan berprotein bisa meningkatkan laju filtrasi glomerulus (GFR).

Nah, mitos yang berkembang di masyarakat, kecepatan penyaringan GFR setiap menit bisa membuat tekanan pada ginjal semakin besar. Sehingga lambat laun merusak fungsi ginjal.

Advertisement

Setelah hampir dua dekade dari penelitian pada 1983 tersebut, para peneliti di Belanda menemukan bahwa makanan yang kaya akan protein memang meningkatkan GFR, tapi tidak terbukti berefek buruk pada fungsi ginjal secara keseluruhan.

Para peneliti di Belanda juga mengklaim, tidak ada satu pun penelitian yang mengatakan makanan kaya protein merusak kesehatan ginjal.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif