Umum
Rabu, 16 September 2015 - 11:00 WIB

KASUS PELINDO II : Polisi Periksa 4 Saksi dari Pelindo II

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Harbour mobile crane (HMC) milik Pelindo II disegel penyidik Bareskrim Polri, Jumat (28/8/2015) siang. (Ahmad Mabrori/JIBI/Bisnis)

Kasus Pelindo II ditindaklanjuti Polri dengan meminta keterangan saksi-saksi.

Solopos.com, JAKARTA – Polisi telah memeriksa smpat saksi dari PT Pelindo II terkait dengan dugaan korupsi pengadaan 10 unit mobile crane.

Advertisement

Kepala Sub Direktorat Pencucian Uang Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Komisaris Besar Pol. Golkar Pangarso mengatakan keempat saksi yang dipanggil pada Selasa (15/9/2015) kemarin, adalah Juli Tarigan, Kurnia Jaya, Devis Saraswati, dan Tjandra Martoenoes.

“Semua dari bagian pengadaan, yang terakhir Tjandra Martoenoes merupakan Kepala Biro Pengadaan saat itu,” kata Golkar saat dimintai konfirmasi, Rabu (16/9/2015).

Golkar mengungkapkan penyidik ingin memperoleh keterangan terkait proses pembelian 10 unit mobile crane oleh Guangxi Narishi Century Equipment Co. Ltd. Pembelian itu ditengarai penyidik menyalahi prosedur yang mengakibatkan kerugian negara.

Advertisement

Sebelumnya Kepala Bareskrim Komjen Pol. Anang Iskandar mengatakan rencana pemanggilan Direktur Utama Pelindo II RJ Lino dalam kasus ini diserahkan sepenuhnya kepada penyidik yang mengerjakan perkara itu.

Kasus ini bermula pada 2012 saat perusahaan pelat merah itu membeli 10 unit mobile crane senilai Rp45 miliar untuk keperluan operasional di pelabuhan cabang Pelindo.

Proses pengadaan mobile crane melibatkan Guangshi Narasi Century Equipment Co.Ltd dengan menggunakan anggaran Pelindo II tahun 2012.

Advertisement

Penyidik menemukan proses pengadaan mobile crane diduga menyalahi prosedur karena menunjuk langsung pemenang tender. Selain itu, Pelindo diduga tidak menggunakan analisa kebutuhan barang, akibatnya 10 mobile crane yang diterima sejak 2013 mangkrak di Pelabuhan Tanjung Priok.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif