Teknologi
Selasa, 15 September 2015 - 13:45 WIB

AKSES INTERNET CEPAT : Nokia Pasok Perangkat 4G Terbaru Smartfren

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Smartfren 4G (Okezone)

Akses Internet cepat yang digagas Smartfren bakal merangkul mitra Nokia Networks.

Solopos.com, JAKARTA – Smartfren Telecom bakal bermitra dengan Nokia Networks untuk menggarap lini 4G LTE-A. Nokia Networks bakal memasok perangkat yang dikembangkan dari jaringan 4G itu.

Advertisement

Dilansir Detik, Selasa (15/9/2015), berdasarkan perjanjian, Nokia Networks menggelar jaringan tersebut di 11 kota di bagian Barat Indonesia, termasuk Jakarta, memanfaatkan kedua frekuensi spektrum TDD dan FDD sejak awal pelaksanaan proyek ini.
Solusi small cell Flexi Zone dari Nokia Networks digunakan untuk mengoptimalkan cakupan dalam ruangan. Inti, radio dan keahlian layanan Nokia Networks memastikan kesuksesan implementasi jaringan.

Pada tahap berikutnya, Nokia Networks akan menempatkan virtualisasi EPC untuk meningkatkan fleksibilitas dan ketangkasan dalam jaringan. Sayangnya, tak disebutkan berapa nilai kontrak yang diterima Nokia dari Smartfren.

Dalam keterangannya hanya dikatakan bahwa investasi skala besar Smartfren pada teknologi terbaru ini membuka jalan menuju model bisnis baru, memberikan kontribusi pada pengembangan ekonomi negara dan menciptakan pengembangan kompetensi baru serta peluang kerja bagi masyarakat Indonesia.
Inilah dagart solusi layanan Nokia Networks yang mendukung jaringan Smartfren dalam menggelar 4G LTE di Indonesia:

Advertisement

Smartfren saat ini tengah menggelar teknologi LTE paling mutakhir dengan dukungan Nokia, menggunakan TDD/FDD hybrid demi meraih kecepatan tertinggi dengan TDD di 2.300 MHz (30 MHz) dan cakupan terluas untuk penetrasi dengan FDD di 850 MHz (10 MHz).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif