Jogja
Minggu, 13 September 2015 - 18:20 WIB

PETERNAKAN GUNUNGKIDUL : Ratusan Kambing Etawa Divaksin Berbarengan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kambing etawa super (bandungkambingetawa.wordpress.com)

Peternakan Gunungkidul untuk kambing etawa mendapat vaksin.

Bisnis.com, GUNUNGKIDUL-Ratusan ekor kambing etawa milik warga Dusun Tanjung, Desa Getas, Kecamatan Playen divaksinasi agar bebas penyakit, dalam kegiatan pelayanan terpadu (yandu) rutin dan ‘Angon bareng’ [menggembalakan kambing bersama-sama], Sabtu (12/9/2015).

Advertisement

Ratusan kambing yang dibawa pemiliknya sejak pagi hari itu mendapatkan obat serta suntikan agar terhindar dari penyakit cacing yang sejauh ini masih terus diwaspadai oleh Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Gunungkidul.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh kelompok peternak Rejo Koyo ini, kambing etawa bukan hanya mendapatkan vaksinasi serta pemberian obat. Melainkan berkonsultasi dengan Disnak Kabupaten Gunungkidul mengenai permasalahan mereka terkait hewan ternak.

Ketua kelompok Rejo Koyo Desa Getas, Wagiman mengatakan, kelompok sengaja menggelar ‘angon bareng’ dengan seluruh peternak kambing etawa yang berada di Desa Getas sebagai bentuk perhatian dan menjaga kondisi hewan ternak secara rutin. Di samping itu, mengumpulkan seluruh peternak bersamaan, selain mendekatkan satu sama lain, juga menjadi media berbagi informasi dan pengalaman dalam beternak.

Advertisement

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Kepala Disnak Kabupaten Gunungkidul, Krisna Berlian menyatakan sangat mengapresiasi para peternak yang berani membudidayakan kambing jenis etawa.

”Karena tidak semua peternak mau, setahu saya daerah yang memiliki kelompok peternak kambing etawa hanya Patuk, Semin serta Playen,” ujarnya.

Krisna juga mewacanakan diadakannya kontes kambing etawa tingkat lokal Gunungkidul dalam waktu dekat ini, apabila jumlah peternak kambing etawa semakin bertambah.

Advertisement

Gunungkidul, sambungnya, dikenal sebagai daerah yang memiliki peternak dengan kualitas hewan terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Terlihat dari semakin bertambahnya jumlah peternak yang sudah dapat mengekspor ternak mereka keluar wilayah Gunungkidul.

Ia berharap Kabupaten Gunungkidul kedepannya bisa dijadikan wilayah percontohan bagi para peternak etawa di DIY. Walau untuk sementara ini, prioritas peternak etawa memang bukan berada di Gunungkidul, tetapi jika peternak mampu menghasilkan kambing etawa dengan kualitas bagus, tidak dipungkiri bahwa Gunungkidul bisa dijadikan daerah peternak etawa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif