Jatim
Minggu, 13 September 2015 - 22:05 WIB

KOMUNITAS MADIUN : Eratkan Silaturahmi, 18 Komunitas Madiun Berteduh di Fosil Jengkol

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota dari berbagai komunitas di Madiun Raya yang tergabung dalam Fosil Jengkol berkumpul mengikuti kegiatan di Sekretariat Komunitas Yayasan Sulastri Suyoso, Kota Madiun, Minggu (13/9/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

Komunitas Madiun memiliki wadah bernama Forum Silaturahmi Jejaring Komunitas Lokal (Fosil Jengkol).

Madiunpos.com, MADIUN — Sebanyak 18 komunitas yang berkegiatan di wilayah Madiun Raya berteduh di dalam satu wadah bernama Forum Silaturahmi Jejaring Komunitas Lokal (Fosil Jengkol).

Advertisement

Koordinator Komunitas Yayasan Sulastri Suyoso (YSS) Madiun yang tergabung dalam Fosil Jengkol, Anas Budi Utomo, menilai efektif Fosil Jengkol sebagai sarana mempererat silaturahmi antarkomunitas di Madiun Raya.

Menurut dia, komunitas yang tergabung di Fosil Jengkol bisa saling mendukung dalam menjalankan kegiatan. “Kami [anggota komunitas] bisa bertemu dan berkegiatan dengan [anggota] komunitas lain. Kami bisa belajar berbagai hal, tidak hanya dalam satu lingkup komunitas. Jaringan kami juga semakin kuat dengan keakraban yang dibangun di dalam Fosil Jengkol,” kata Anas kepada Madiunpos.com, Minggu (13/9/2015).

Anas menjelaskan komunitas yang tergabung dalam Forum Jengkol dibagi menjadi tiga kategori, yakni pencinta binatang, sosial seni budaya, dan edukasi. Menurut dia, Fosil Jengkol menjembatani setiap komunitas untuk menggelar kegiatan lebih produktif dan ke arah positif.

Advertisement

Anas menyebut, masih cukup banyak komunitas yang belum memiliki legal formal secara kelembagaan. “Pernah ada komunitas yang hampir diusir oleh paguyuban pedagang karena melakukan kegiatan di lapangan. Satpol PP juga sempat mempertanyakan izin kegiatan dan lembaga. Kami memang butuh legalitas kelembagaan. Dengan Fosil Jengkol, kami berharap komunitas di Madiun Raya lebih terorganisir,” kata Anas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Madiunpos.com, bukan hanya YSS, beberapa komunitas yang tergabung dalam Fosil Jengkol, antara lain Komunitas Madiun Membaca, Madiun Cat Community, Musang Lovers Madiun, Morella, Korem, Komunitas Burung Hantu Madiun (Kubuhama) dan lain sebagainya.

 

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif