Otomotif
Jumat, 11 September 2015 - 11:00 WIB

TIPS OTOMOTIF : Begini Untung Rugi Mengisi Ban Pakai Nitrogen

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ban kempis. (Toyotacar.com)

Tips otomotif kali ini tentang untung rugi mengisi ban dengan nitrogen.

Solopos.com, SOLO – Belakangan, beberapa pom bensin mulai menyediakan fasilitas pengisian nitrogen untuk ban kendaraan. Akan tetapi jika Anda belum mengetahui untung-ruginya memakai nitrogen, simak dahulu tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Welovehonda, Kamis (10/9/2015), keuntungan mengisi ban dengan nitrogen adalah ban menjadi tidak mudah panas ketika digunakan untuk melaju meski dalam kecepatan tinggi.

Hal itu dikarenakan nitrogen memiliki molekul yang lebih padat dan lebih rapat ketimbang angin biasa.

Karena sifat nitrogen yang mampu menjaga elastisitas karet, jangan heran kalau ban berisi nitrogen memiliki bantingan yang lebih nyaman dan halus meski sedang melewati jalanan yang tidak mulus.

Advertisement

Mengisi ban dengan nitrogen juga membuat karet ban tidak mudah teroksidasi sehingga usia pakai ban lebih awet. Keuntungan lainnya adalah daya cengkeram ban lebih optimal serta mampu menjauhkan pelek karat.

Kendati banyak untungnya, ternyata mengisi ban dengan nitrogen juga memiliki beberapa kelemahan.

Pertama, kendaraan yang bannya diisi dengan nitrogen harus sering-sering dipakai. Sebab jika tidak, ban akan cepat kempis karena nitrogen dalam ban akan keluar akibat suhu udara di luar ban yang lebih dingin.

Advertisement

Jika tekanan nitrogen sudah berkurang dan ban menjadi sedikit kempis, Anda tidak boleh sembarangan mengisinya dengan angin biasa. Ya, harus nitrogen lagi.

Apabila terpaksa mengisinya dengan angin biasa, sebaiknya kuras dahulu seluruh nitrogen di dalam ban.

Kelemahan terakhir, pom bensin atau bengkel yang menyediakan fasilitas pengisian nitrogen umumnya baru tersedia di kota-kota besar.

Advertisement
Kata Kunci : Tips Otomotif
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif