Soloraya
Jumat, 11 September 2015 - 08:40 WIB

REKAM E-KTP : Bulan Ini, Kecamatan Di Solo Layani Pembuatan E-KTP

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perekaman data e-KTP. (JIBI/Solopos/Dok.)

Rekam E-KTP, layanan pembuatan e-KTP bisa dilaksanakan di masing-masing kecamatan.

Solopos.com, SOLO–Warga Solo segera dapat mengakses layanan perekaman dan pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di kantor kecamatan bulan ini. Kebijakan itu menjadi angin segar lantaran selama ini warga harus mengantre panjang saat mengakses layanan e-KTP di Balai Kota.

Advertisement

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Solo, Suwarta, menyatakan piranti pendukung layanan seperti alat pemindai e-KTP dan printer siap dioperasikan pertengahan bulan ini. Pihaknya menyediakan 13 alat pemindai dan delapan printer untuk digunakan di lima kecamatan.

“Segera kami eksekusi program ini karena kebutuhan masyarakat sudah mendesak,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di Balai Kota, Kamis (10/9/2015).

Suwarta mengatakan layanan e-KTP di kecamatan sebenarnya sudah disiapkan sejak tahun lalu. Sejumlah piranti dan kebutuhan anggaran disiapkan ketika pusat menginstruksikan pelimpahan pengurusan e-KTP ke wilayah.
Namun program itu mesti tertunda karena minimnya blangko sebagai media administrasi e-KTP.

Advertisement

“Kami tidak bisa mengadakan blangko sendiri karena itu wewenang pusat. Baru-baru ini saja blangko kami terima sejumlah 5.472 lembar,” ujarnya.

Pihaknya meyakini layanan di tingkat kecamatan dapat memudahkan masyarakat mengakses dokumen adminduk khususnya e-KTP.

Suwarta juga optimistis kebijakan itu dapat mengejar pencapaian rekam e-KTP sebesar 100%. Hingga akhir Agustus, masih ada 8.010 warga dari total 413.852 wajib e-KTP yang belum merekam data.  “Selain di kecamatan, kami tetap melayani pengurusan e-KTP di kantor Dispendukcapil dan mobil keliling,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif