News
Jumat, 11 September 2015 - 16:37 WIB

KURS RUPIAH : Akhirnya Rupiah Menguat, Dampak Paket Ekonomi Jokowi?

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis)

Kurs rupiah akhirnya ditutup menguat pada penutupan akhir pekan ini.

Solopos.com, JAKARTA — Kurs rupiah akhirnya ditutup menguat dalam perdagangan akhir pekan ini, Jumat (11/9/2015) sore ini setelah terus-menerus melemah selama pekan ini. Rupiah ditutup menguat 10,5 poin (0,07%) ke Rp14.322/dolar AS.

Advertisement

Penguatan ini juga diiringi tren penguatan mata uang lain di Asia Tenggara, kecuali baht Thailand. Rupiah sudah cenderung menguat tipis sejak pagi seiring pembukaan yang menguat.

Samuel Sekuritas Indonesia mengemukakan nilai tukar rupiah atas dolar AS masih dipengaruhi rencana rapat The Fed pekan depan (spekulasi naikknya suku bunga The Fed/The Fed Rate). Namun, hari ini dampak paket kebijakan ekonomi September I serta rilis data ekonomi dalam negeri sudah terasa.

“Di tengah kegugupan menjelang FOMC meeting, fokus akan beralih ke angka neraca perdagangan Indonesia yang datang Selasa mendatang yang masih akan surplus. Perhatikan pertumbuhan impor sebagai indikator pertumbuhan,“ kata Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta dalam risetnya yang diterima hari ini, Jumat (11/9/2015).

Advertisement

Rupiah kemarin sempat anjlok justru setelah pemerintah mengumumkan paket kebijakan. Diduga, ketiadaan rincian kebijakan sempat mengurangi kredibilitas pemerintah sehingga menggerus harapan berlebih yang sudah telanjur naik menjelang pengumuman Presiden kemarin.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif