News
Jumat, 11 September 2015 - 04:30 WIB

Kapal Perang RI Bung Tomo Singgah di India

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - KRI Bung Tomo di Belawan, Senin (8/9/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Septianda Perdana)

Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo 357 snggah di Cochin India.

Solopos.com, JAKARTA — Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo-357 yang membawa 107 prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIIIH/Unifil Lebanon, singgah di Pelabuhan Cochin, India.

Advertisement

“Pelabuhan Cochin merupakan pelabuhan singgah pertama sebelum menuju ke Lebanon. Kedatangan duta Indonesia di India disambut meriah,” ujar Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman dalam keterangan resmi di Surabaya, Kamis (10/9/2015) sebagaimana dikutip Antara.

Informasi yang diterima dari Penerangan Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-H/UNIFIL-2015, KRI Bung Tomo-357 melaksanakan persiapan akhir di Pelabuhan Belawan, lalu bergerak menelusuri perairan Selat Malaka.

Setelah dari Selat Malaka sampai dengan ujung barat batas wilayah teritorial Indonesia, KRI Bung Tomo memasuki Samudera Hindia dengan kedalaman laut yang mencapai ribuan meter.

Advertisement

Alur pelayaran internasional di Selata Malaka sampai dengan perairan Srilanka merupakan alur pelayaran padat yang dilewati kapal-kapal berukuran besar, yang mengangkut berbagai komoditas lintas benua.

Setiap saat di sepanjang pelayaran, Komandan KRI Bung Tomo 357 selaku Komandan Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII H Unifil, Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, selalu memimpin langsung berbagai latihan untuk meningkatkan profesionalisme prajuritnya. Sekaligus mengetahui kesiapan teknis berbagai peralatan yang ada di kapal.

“Latihan adalah ibarat napas kita, hanya oleh prajurit yang profesional, terlatih dan memiliki kompetensi tinggi, kapal perang ini harus diawaki, karena itu saya akan konsisten memimpin latihan,” tutur Yayan Sofiyan.

Advertisement

Dengan demikian, sepulang dari misi perdamaian itu, maka tercetak sejumlah kader pelaut dengan kompetensi tinggi dalam penguasaan teknis kapal perang jenis MRLF (Multy Role Light Frigate). Mampu memahami taktik peperangan bawah air (under water warfare), peperangan permukaan (Surface Warfare), dan peperangan anti-udara (anti air warfare).

Setelah berlayar menyusuri Samudera Hindia, perairan Srilanka dan pantai barat India, maka KRI Bung Tomo 357 tiba di Pelabuhan Kochin, India, dengan sambutan hangat dari Angkatan Laut India.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif