News
Jumat, 11 September 2015 - 15:40 WIB

JURNAL PENELITIAN : Karya Mahasiswa S1 FMIPA UNS Tembus Scopus

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penelitian (medimoon.com)

Jurnal penelitian, karya mahasiswa S1 FMIPA UNS menembus jurnal penelitian Scopus.

Solopos.com, SOLO–Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mentargetkan mampu menembus jurnal internasional terindeks scopus untuk penelitian oleh mahasiswa Program Sarjana Strata 1 (S1) di fakultas tersebut tahun ini.

Advertisement

Saat ini, tercatat sudah ada satu lulusan FMIPA UNS Solo yang penelitiannya berhasil masuk jurnal internasional, yakni atas nama Ganjar Fadillah, belum lama ini.

Hasil karya ilmiah Ganjar yang berjudul Modification of TiO2 Nanorods with Aminopropyltrimethoxy for Enhancement Efficiency of Solar Cells, berhasil lolos ke Jurnal International terindeks scopus.

Dekan Fakultas MIPA UNS, Ari Handono Ramelan, mengungkapkan Ganjar merupakan mahasiswa FMIPA yang tergabung dalam kelompok atau grup riset yang hasil penelitiannya sudah termuat pada Jurnal International terindeks scopus.

Advertisement

Dengan kata lain, kata Ari, sebelum penelitian yang bersangkutan termuat secara mandiri, tulisan lain sudah termuat terlebih dahulu secara grup.

“Ganjar memang memiliki prestasi di bidang riset, seperti halnya ikut di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional [PIMNAS], LKTI dan sebagainya. Contoh hasil penelitiannya di antaranya adalah ceker ayam, pupuk dan sebagainya,” ujar Ari ketika dimintai informasi, Jumat (11/9).

Saat ini, menyusul Ganjar, setidaknya ada tiga mahasiswa lainnya dari FMIPA UNS yang ditarget bisa menembus jurnal internasional terindeks scopus.

Advertisement

“Insya Allah, 2015 ini tulisan mereka sudah termuat,” jelasnya.

Ari mengatakan dalam mendorong tersusunnya karya ilmiah, fakultas memberi fasilitas mulai riset, laboratorium, termasuk konferensi internasional, dan sebagainya.

“Day to day kami lakukan, setelah usai kuliah mendorong mahasiswa kegiatan riset di lab, yang tentu saja muaranya penulisan artikel ilmiah,” imbuhnya.

Ari mengungkapkan di FMIPA UNS terdapat banyak riset grup. Di antara riset grup saling mengisi yang dibiayai beberapa skim riset, yang dikerjakan baik dosen dan mahasiswa secara bersama-sama. Semua kegiatan riset itu mempunyai tolok ukur yakni paper ilmiah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif