Jogja
Kamis, 10 September 2015 - 12:20 WIB

PENCURIAN KULONPROGO : 2 Kambing Kurban Digondol Maling

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Untoro, pemilik kambing di Dusun Kemiri, Desa Margosari, Pengasih, menunjukkan lokasi pencurian kambing yang terjadi Rabu (9/9/2015) dini hari. (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S.)

Pencurian Kulonprogo jelang Idul Adha 2015 ini mulai terdengar gencar.

Harianjogja.com, KULONPROGO- Untoro, seorang peternak kambing harus merelakan dua ekor kambing yang sudah dibeli untuk kurban dicuri kawanan pencuri, Rabu (9/9/2015) dini hari. Kambing-kambing tersebut telah laku terjual dan siap diambil pemiliknya menjelang Idul Adha.

Advertisement

“Ada dua yang dicuri dan kejadiannya sekitar jam 03.00 WIB. Tadinya kambing yang ada di kandang ini 18 ekor,” ujar Untoro saat ditemui dirumahnya di Dusun Kemiri, Desa Margosari, Pengasih.

Untoro mengatakan, saat kejadian dirinya tidak mendengar suara gaduh ataupun suara kambingnya mengembik. Padahal, saat itu dia sedang tidur di sebuah gardu ronda yang hanya berjarak sepuluh meter dari kandang kambing. Setelah satu jam, dia mendengar istrinya berteriak dan suara gas sepeda motor.

“Saya bangun mendengar orang menyalakan sepeda motor, lalu buru-buru kabur. Ada dua motor dan langsung saya kejar, tapi langsung menghilang,” ungkap Untoro.

Advertisement

Untoro mengungkapkan, dua kambing tersebut sudah dilego dengan harga Rp2,5 juta dan Rp3 juta. Bahkan, Untoro sudah menerima uang muka untuk dua ekor kambing tersebut. Akibat kejadian tersebut, dirinya terpaksa akan mengganti kambing yang telah dipesan itu dengan kambing lainnya.

Lebih lanjut Untoro mengaku ada yang janggal dari kejadian tersebut. Pasalnya, dia sama sekali tidak mendengar suara gaduh dan suara kambingnya saat kejadian itu terjadi.

“Saya heran, kok, tidak ada suara gaduh, bahkan kambingnya juga tidak bersuara. Padahal, saya cuma tidur di gardu depan rumah. Mungkin pelakunya sudah tahu daerah sini,” ungkap Untoro.

Advertisement

Tri Sunaryati, istri Untoro, mengaku sempat mendengar suara dua sepeda motor di dekat kandang. Pasalnya, pada jam 03.00 dini hari itu, dirinya terbangun. Saat curiga dengan suara tersebut, Tri langsung berusaha membangunkan suaminya.

“Tapi orangnya sudah kabur dan kandangnya sudah kosong,” imbuh Tri.

Kejadian tersebut telah dilaporkan ke Polsek Pengasih. Keesokan paginya petugas melakukan olah tempat kejadian perkara. Menjelang perayaan Idul Adha atau Hari Raya Kurban, kejadian pencurian hewan kurban mulai marak terjadi. Untuk itu, polisi mengimbau agar mewaspadai terjadinya pencurian semacam itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif