Sport
Rabu, 9 September 2015 - 09:00 WIB

KARIER PEMAIN : 7 Pesepak Bola Eks Timnas U-23 Lolos Seleksi TNI

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Manahati Lestusen (Liputan6)

Karier pemain sepak bola Indonesia sempat terhenti. Sejumlah pemain memilih ikut tes masuk TNI.

Solopos.com, JAKARTA – Kompetisi sepak bola Indonesia sempat terhenti akibat PSSI yang dibekukan Menpora. Bahkan kedua lembaga itu sempat berseteru dan menghasilkan hukuman FIFA untuk Indonesia.

Advertisement

Sejak saat itu sejumlah pemain sepak bola mulai beralih menekuni profesi lain. Salah satunya adalah ingin menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Sejumlah pemain yang memiliki usia standar pun mulai melamar untuk mengikuti tes masuk TNI.

Mayoritas mereka adalah para pemain Timnas Garuda MMuda. Kini sebanyak tujuh mantan pemain Timnas U-23 telah dinyatakan lulus masuk TNI. Mereka adalah Ravi Murdianto, Manahati Lestusen, Dimas Drajad, M Abduh Lestaluhu, Wawan Febriyanto, Ahmad Noviandani, dan Teguh Amirudin.

“Awalnya tuh tidak berpikir, main bola, main bola saja. Tidak berpikir ke depannya seperti apa. Tapi awalnya saya dapat masukan dari seseorang yang saya anggap seperti abang. Dia seorang letkol. Dia kasih pandangan ke saya, dia dulu juga pemain, tapi akhirnya jadi tentara,” ujar Manahati Lestusen seperti dilansir Detik.com, Selasa (8/9/2015).

Advertisement

“Yang pasti senang karena bisa membuat orang tua bangga. Tapi keinginan saya masuk TNI ini sih bukan karena disuruh orang tua. Mereka tidak pernah memaksa, saya harus jadi ini, jadi itu. Mereka selalu mendukung pilihan saya,” imbuh dia.

Meski begitu Manahati tak menutup kemungkinan untuk bermain sepak bola lagi. Dia menyatakan ingin kembali ke Barito Putera selepas pendidikan tentaranya selesai selama lima bulan ke depan.

Sebenarnya satu nama lagi eks punggawa U-23 yang lolos tes TNI. Dia adalah Adam Alis. Namun, Adam dilaporkan telah mengundurkan diri karena ada tawaran dari salah satu klub luar negeri.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif