Sport
Selasa, 8 September 2015 - 08:25 WIB

KUALIFIKASI EURO CUP 2016 : Hadapi Macedonia, Spanyol Ubah Line-Up

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Spanyol merayakan gol kemenangan dalam sebuah pertandingan. Ist/dok

Kualifikasi Euro Cup 2016 antara Macedonia vs Spanyol kemungkinan akan menjadi ajang uji coba perubahan line-up Spanyol.

Solopos.com, SKOPJE— Pelatih Timnas Spanyol, Vicente del Bosque, kemungkinan akan melakukan beberapa perubahan pada line-up timnya ketika melawan Macedonia pada lanjutan Grup C Kualifikasi Euro 2016 di Nacionalna Arena Filip II Makedonski, Skopje, Macedonia, Rabu (9/9/2015) pukul 01.45 WIB.

Advertisement

Spanyol bertandang ke Macedonia dengan menyandang status sebagai juara Grup C setelah mengalahkan Slovakia 2-0, Minggu (6/9/2015) WIB. Tim berjuluk La Furia Roja itu pun digadang-gadang akan meneruskan tren kemenangan itu ke kandang Macedonia.

Dalam pertemuan pertama kedua tim di Grup C, Spanyol membikin Macedonia bertekuk lutut dengan skor telak 5-0 di Valencia pada tanggal yang sama, tahun lalu. Dengan pengalaman di Valencia, maka sah-sah saja apabila Del Bosque berencana mengganti susunan dalam starting XI saat turun di Mecedonia.

Advertisement

Dalam pertemuan pertama kedua tim di Grup C, Spanyol membikin Macedonia bertekuk lutut dengan skor telak 5-0 di Valencia pada tanggal yang sama, tahun lalu. Dengan pengalaman di Valencia, maka sah-sah saja apabila Del Bosque berencana mengganti susunan dalam starting XI saat turun di Mecedonia.

“Melawan Macedonia saya  tidak tahu apakah saya akan melakukan perubahan, namun saya tidak takut untuk melakukannya,” jelas Del Bosque, seperti dilansir soccerway.com, Senin (7/9/2015).

Kemenangan atas Slovakia disebut-sebut sebagai kembalinya performa Spanyol. La Furia Roja memang hanya melepaskan dua gol, masing-masing lewat Jordi Alba dan penalti Andres Iniesta. Akan tetapi, juara Euro 2012 tersebut sangat dominan dengan menguasai 75 persen penguasaan bola!

Advertisement

Lantas siapa pemain-pemain yang bakal dicoret dari strating XI? Striker Diego Costa yang menjadi ujung tombak Spanyol kontra Slovakia bisa jadi akan dikirim ke bangku cadangan. Del Bosque memang sempat membela Costa meski striker Chelsea itu tak bisa menambah isi rekening golnya bersama La Furia Roja.

Tapi tidak menutup kemungkinan apabila posisi striker yang baru mengemas satu gol dalam delapan penampilan bersama Spanyol itu digantikan Paco Alcacer. Apalagi Alcacer tergolong moncer dengan menyokong tiga gol selama kualifikasi.

Del Bosque bisa jadi juga akan mempertimbangkan untuk mengganti bek sentral Gerard Pique. Pemain Barcelona itu jadi sasaran siulan fans Spanyol ketika melawan Slovakia menyusul beberapa sindiran dan komentarnya ke kubu Real Madrid beberapa waktu lalu. Sebelum itu, Pique juga pernah menjadi sasaran cemoohan suporter sendiri ketika Spanyol melawan Kosta Rika pada ajang uji coba.

Advertisement

Seperti dilansir as.com, perlakuan kasar suporter Spanyol kepada Pique bahkan membuat Federasi Sepak Bola Spanyol berencana mengubah lokasi laga persahabatan melawan Inggris pada 13 November mendatang yang seharusnya digelar di markas Real Madrid, Santiago Bernabeu. Opsi lainnya, Pique tidak akan dimainkan pada pertandingan itu. Pemindahan lokasi itu pun sedang menjadi perbincangan hangat di media-media Negeri Matador.

Sementara Pique sendiri besikap santai dengan perlakuan fans. Ia menegaskan siulan fans itu bukan sebuah masalah dan tidak menggangu konsentrasinya di lapangan. Beberapa pemain Spanyol, termasuk eks kapten Madrid, Iker Casillas, juga membela Pique dan meminta fans La Furia Roja menghentikan siulan itu.

Del Bosque sepertinya juga memilih mempertahankan Pique sebagai rekan duet Sergio Ramos di jantung pertahanan La Furia Roja saat turun di Macedonia. Tentu, dia tak ingin membuat blunder dengan mengirim Pique ke bangku cadangan. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif