Jogja
Senin, 7 September 2015 - 08:20 WIB

NAMA UNIK : Warga Kulonprogo Bernama "Nama", Sering Terlewat saat Diabsen Guru

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nama menunjukkan namanya yang tercantum dalam kartu Surat Izin Mengemudi (SIM) saat ditemui di rumahnya di Dusun Salam, Desa Salamrejo, Sentolo, Minggu (6/9/2015). (Harian Jogja-Holy Kartika N.S)

Nama unik warga Kulonprogo ini adalan “Nama”

Harianjogja.com, KULONPROGO– Setelah Tuhan, Saiton dan Andy Go To School, nama unik lainnya muncul dari Dusun Salam, Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo. “Nama saya, Nama,” itulah perkenalan awal yang cukup membingungkan saat ditemui di rumahnya, Minggu (6/9/2015).

Advertisement

Kedatangan beberapa awak media ke kediamannya yang sederhana itu langsung membuatnya bertanya-tanya. Nama tidak pernah menyangka, namanya menjadi perbincangan hangat di salah satu akun media sosial Kulonprogo. Dia bahkan tidak mengetahui, jika kartu tanda penduduknya telah diunggah oleh beberapa orang di media sosial.

Sehari-harinya, Nama berdagang beras di Pasar Gawok, Wates. Dari sana juga awalnya dirinya mengaku diberitahu seorang langganan tentang namanya mendadak terkenal di media sosial. “Saya kaget diberitahu begitu, tadinya juga tidak percaya. Lalu saya ditunjukkan sama pelanggan,” ujarnya santai.

Advertisement

Sehari-harinya, Nama berdagang beras di Pasar Gawok, Wates. Dari sana juga awalnya dirinya mengaku diberitahu seorang langganan tentang namanya mendadak terkenal di media sosial. “Saya kaget diberitahu begitu, tadinya juga tidak percaya. Lalu saya ditunjukkan sama pelanggan,” ujarnya santai.

Nama mengaku, sebelumnya juga tidak mengetahui adanya fenomena nama-nama unik yang sedang hangat diperbincangkan media massa dan media sosial. Saking banyak orang yang penasaran di media sosial, tidak jarang ada orang yang iseng mendatangi kediaman bapak dua anak itu hanya untuk memastikan keaslian namanya.

Lebih lanjut Nama mengungkapkan, tidak pernah tahu alasan kedua orangtuanya memberikan nama tersebut. Selama ini, yang diketahuinya namanya itu hanya sekedar nama yang tidak ada arti khusus. Namun, Aminah, istri Nama menjelaskan, pernah menanyakan arti pemberian nama suaminya itu kepada ibu mertuanya.

Advertisement

“Kata ibu [mertua], nama suami saya itu waktu lahir dikasih nama Tekad. Tetapi karena sering sakit-sakitan, akhirnya diganti namanya dengan Nama. Hanya begitu saja bilangnya,” papar Aminah.

Selama menyandang nama “Nama”, ada beberapa pengalaman unik yang dialaminya. Nama mengisahkan, saat itu dirinya duduk di bangku sekolah dasar. Daftar presensi siswa selalu diawali dengan nomor dan nama. Lantaran Nama mendapatkan nomor urut pertama, gurunya selalu tidak menyebutkan namanya saat diabsen.

“Akhirnya, waktu naik kelas tiga, nomor urut absen saya dipindah ke tengah agar bisa terbaca guru saat diabsen,” kisahnya sambil menahan tawa geli.

Advertisement

Tidak hanya guru dan teman-teman semasa sekolahnya yang heran dan merasa lucu dengan nama Nama. Bahkan, ketika mengurus surat-surat ke kantor pemerintahan desa, namanya seringkali mengundang tawa geli sebagian perangkat desa. Ketika ada operasi kendaraan pun, SIM C miliknya juga tak jarang membuat polisi yang memeriksanya tersenyum menahan tawa.

Pengalaman unik juga dirasakan putra sulung Nama, Wahyu Nugroho, 20. Wahyu menuturkan, nama ayahnya itu sering menjadi bahan lelucon teman-temannya. “Saat ditanya nama bapak siapa, lalu saya jawab Nama. Semua teman-teman saya tertawa. Meski saya ulang menyebutnya, juga kadang tidak ada yang percaya. Mau bagaimana lagi, namanya memang Nama,” celetuk Wahyu.

Meski namanya dianggap unik, namun bapak dua anak ini tidak merasa spesial dengan namanya. Laki-laki kelahiran 5 Mei 1974 ini, tetap menjalani aktifitasnya sebagai pedagang beras dari pasar ke pasar. Meski pelanggannya bertanya-tanya tentang namanya, dia pun hanya menjawab singkat.

Advertisement

“Mau bagaimana lagi, nama saya memang Nama. Dan itu pemberian orang tua dari kecil,” pungkas Nama singkat.

Advertisement
Kata Kunci : Nama Nama Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif